Ulwiyyah, Arum Munafi'atul (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif metode cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Arum Munafi'atul Ulwiyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ulwiyyah Arum Munafi atul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2017/2018 . Program S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Cooperative Script Aktivitas Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi awal kondisi kelas X IIS 2 menunjukkan bahwa peserta didik kurang kondusif dan aktif dalam pembelajaran dikarenakan banyak siswa yang pasif sering bermain gadget ijin keluar kelas tanpa alasan yang jelas mengantuk serta ngobrol sendiri pada saat pembelajaran. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 9 Malang diketahui bahwa metode mengajar yang diterapkan guru mata pelajaran ekonomi sebenarnya guru sudah mengombinasikan pembelajaran berbasis ceramah dan diskusi namun masih sangat sederhana. Siswa siswi kelas X IIS 2 cenderung kurangnya aktivitas dalam pembelajaran sehingga pasif ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran ekonomi dan dari hasil nilai Ulangan Harian pada mata pelajaran Bank Sentral menunjukkan bahwa siswa yang belum tuntas sebesar 53% dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) sebesar 80 yang ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan 4 tahap di masing-masing siklusnya yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 27 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan dokumentasi wawancara lembar observasi guru lembar observasi siswa soal tes catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif metode cooperative script pada siklus I sebesar 71% dan meningkat sebesar 8% pada siklus II menjadi 79% pada siklus III meningkat sebesar 5% menjadi 84%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah sebesar 57% dan meningkat sebesar 11% pada siklus II menjadi 70% pada siklus III meningkat sebesar 12% menhadi 82%. Hasil belajar ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 55% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 68 89 meningkat menjadi 64% dengan rata-rata nilai kelas 75 83 pada siklus II dan meningkat menjadi 86% dengan rata-rata nilai kelas 85 28 pada siklus III. Hasil belajar ranah afektif siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 38% dengan rata-rata nilai kelas 74 meningkat menjadi 75% dengan rata-rata nilai kelas 86 pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan rata-rata nilai keas 91 pada siklus III. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 33% dengan rata-rata nilai kelas 73 meningkat menjadi 75% dengan rata-rata nilai kelas 85 pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan rata-rata nilai kelas 91 pada siklus III. Kesimpulan yang dapat diterik dari penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran kooperatif metode cooperative script dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang. Penerapan pembelajaran kooperatif metode Cooperative Script diterapkan maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 SMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan yaitu (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script lebih cocok jika diterapkan pada meteri yang konteksnya dekat dengan kegiatan siswa sehari-hari dan bisa diterapkan oleh siswa sendiri. (2) Bagi Kepala Sekolah Sebaiknya mengawasi dan mengevaluasi kinerja guru dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode cooperative script agar pembelajaran yang berlangsung dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. (3) Bagi Peneliti selanjutnya faktor-faktor lain yang dapat menggambarkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39958 |
Actions (login required)
View Item |