Studi komparasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS) dan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas peminatan Ekonomi SMAN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Adisti Dyah Ayu Karunia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS) dan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas peminatan Ekonomi SMAN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Adisti Dyah Ayu Karunia Putri

Putri, Adisti Dyah Ayu Karunia (2018) Studi komparasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW), Think Pair Share (TPS) dan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI lintas peminatan Ekonomi SMAN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Adisti Dyah Ayu Karunia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karunia Putri Adisti Dyah Ayu. 2018. Studi Komparasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Think Pair Share (TPS) dan Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Lintas Peminatan Ekonomi SMAN 7 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Think Talk Write (TTW) Think Pair Share (TPS) Mind Mapping Hasil Belajar Mata pelajaran Ekonomi adalah salah satu mata pelajaran yang dijadikan sebagai mata pelajaran untuk Lintas Peminatan kelas XI di SMAN 7 Malang. Karena sebagai mata pelajaran lintas peminatan dan latar belakang siswa yang bukan IPS maka peneliti sangat tertarik untuk menggunkan kelas lintas peminatan sebagai kelas penelitian. Kelas lintas peminatan ekonomi dibagi mejadi tiga kelas yaitu kelas XI MIPA 4 XI MIPA 5 dan kelas XI Bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan atau mengkomparasikan model pembelajaran yang paling baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa ketiga kelas tersebut. Selain untuk melihat hasil belajarnya penelitian ini juga akan melihat perbedaan apakah yang menonjol dari masing-masing model. Bagaimana perbedaan masing-masing model pembelajaran yang telah diterapkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran yang peneliti gunakan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) Think Pair Share (TPS) dan Mind Mapping. Pada kelas XI MIPA 4 yaitu sebagi kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Kemudian di kelas XI MIPA 5 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Sedangkan kelas XI Bahasa sebagai kelas yang menggunkan model pembelajaran Mind Mapping. Desain pada penelitian ini adalah non-equivallent control group design dengan jenis penelitian studi komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan hasil belajar yang paling tinggi daripada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Mind Mapping. Hal ini dikarenakan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar tanggung jawab belajar dan sikap siswa yang baik ketika pelaksanaan model. Sehingga model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah model yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39957

Actions (login required)

View Item View Item