Perpaduan penerapan model pembelajaran group investigation dan student facilitator and explaining pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI LM (lintas minat) SMA Brawijaya Smart School Malang semester II tahun ajaran 2017/2018 / Elvin N

Laila, Elvin Nur (2018) Perpaduan penerapan model pembelajaran group investigation dan student facilitator and explaining pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI LM (lintas minat) SMA Brawijaya Smart School Malang semester II tahun ajaran 2017/2018 / Elvin N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Laila, Elvin Nur. 2018. Perpaduan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Lm (Lintas Minat) SMA Brawijaya Smart School Malang Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekomoni. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si Kata Kunci : Group investigation, student facilitator and explaining, hasil belajar Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, pendidik mempunyai peranan penting terutama dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai kualitas yang baik peserta didik harus aktif dan mandiri dalam kegitan belajarnya. Dengan begitu kegitan pembelajaran harus efektif. Untuk mencapi kegitan pembelajaran yang efektif maka diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif salah satunya memperpadukan dua metode pembelajaran yaitu Group Investigation dan Student Facilitator And Explaining. Dengan menggabungkan dua metode tersebut kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu dengan memecahkan masalah dan mempresentasikannya didepan kelas hasil diskusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Lintas Minat yang berjumlah 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara,soal tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil analisis pencapaian hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari nilai post test per siklus. Siklus pertama hasil belajar yang tuntas sebesar 14,81% dengan rata-rata nilai post test sebesar 64,07. Siklus kedua hasil belajar yang tuntas sebesar 55,55 % dengan rata-rata nilai post test sebesar 77,40. Sedangkan hasil belajar pada siklus ketiga, peserta didik yang tuntas sebesar 96,29 % dengan nilai rata-rata post test sebesar 91,85. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation yang dipadukan dengan Student Facilitator And Explaining berkenaan dengan aktivitas guru dan rencana pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan. Hasil belajar kelas XI Lintas Minat yang diuji melalui post test mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru diharapkan dapat menerapkan Perpaduan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator And Explaining sebagai salah satu pilihan pada matapelajaran ekonomi khususnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan Perpaduan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator And Explaining pada subjek, materi maupun sekolah yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk melhat sejauhmana keberhasilan Perpaduan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator And Explaining apabila diterapkan pada kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39954

Actions (login required)

View Item View Item