Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, pengalaman prakerin dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang tahun ajaran 2017/2018 / Nila Ariyanti

Ariyanti, Nila (2018) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, pengalaman prakerin dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang tahun ajaran 2017/2018 / Nila Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ariyanti Nila. 2018. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Pengalaman Prakerin dan Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi M. E. M.Pd. Kata Kunci Pengetahuan Kewirausahaan Pengalaman Prakerin Efikasi Diri Minat Berwirausaha. Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yaitu dengan menjadi seorang wirausaha. Di SMK untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan kewirausahaan yang di dalamnya terdapat praktek kewirausahaan pelaksanaan Prakerin dan memberikan motivasi agar efikasi diri siswa tinggi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan sangat rendah karena masih banyak siswa lebih memilih untuk bekerja sebagai karyawan dan melanjutkan ke perguruan tinggi karena mereka berpikiran bahwa menjadi wirausaha sangat susah. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa menjadi kurang berminat dalam berwirausaha. Maka dari itu dibutuhkan beberapa faktor yang dapat menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan (X1) pengalaman prakerin (X2) efikasi diri (X3) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan pengalaman prakerin dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan pengalaman prakerin dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 1 Gedangan tahun ajaran 2017/2018 baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif pengetahuan kewirausahaan (X1) sebesar 12.3% pengalaman prakerin (X2) sebesar 11% efikasi diri (X3) sebesar 15.2% dengan total R2 sebesar 38.5% sedangkan sebesar 61.5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel pengetahuan kewirausahaan pengalaman prakerin dan efikasi diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39952

Actions (login required)

View Item View Item