Analisis gaya belajar siswa dalam prestasi akademik kelas xi IIS dalam mata pelajarah ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2017/2018 / Fajar Maulana Lhudyawal Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis gaya belajar siswa dalam prestasi akademik kelas xi IIS dalam mata pelajarah ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2017/2018 / Fajar Maulana Lhudyawal Putra

Putra, Fajar Maulana Lhudyawal (2018) Analisis gaya belajar siswa dalam prestasi akademik kelas xi IIS dalam mata pelajarah ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2017/2018 / Fajar Maulana Lhudyawal Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putra Fajar Maulana Lhudyawal 2018. Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Prestasi Akademik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018 . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Gaya Belajar Perilaku Belajar Prestasi Akademik Mata Pelajaran Ekonomi Gaya belajar merupakan cara yang ditempuh siswa untuk memahami materi yang sebelum atau sesudahnya guru memaparkan materi mata pelajaran Ekonomi. Gaya belajar yang dibagi menjadi tiga yaitu visual audio dan kinestetik. Siswa juga dapat mengkombinasikan dari tiga gaya belajar tersebut. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang sesuai dengan karakter dan kepribadian siswa. Dalam penelitian ini peneliti ingin mencari gambaran gaya belajar siswa dengan prestasi akademik yang dimiliki oleh siswa dengan penggolongan prestasi akademik tertinggi dan terendah masing-masing kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sebagai informan penelitian dalam penelitian ini berjumalah 8 siswa yang masing-masing memiliki prestasi akademik tertinggi dan terendah di masing-masing kelas. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisis hingga dapat menjadi hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tahapan-tahapan analis data penelian yang meliputi (1) Reduksi data (2) Penyajian data dan (3) Penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya belajar yang dilakukan siswa kelas XI IIS berdasarkan prestasi akademik dibagi menjadi tiga yaitu audio visual dan kinestetik. Siswa dengan prestasi akademik tertinggi di masing-masing kelas mayoritas memiliki gaya belajar visual dengan asumsi bahwa dengan menulis dapat membuat siswa memahami materi yang diajarkan oleh guru mereka. Siswa dengan prestasi akademik terendah di masing-masing kelas memiliki gaya belajar yang berbeda-beda bergantung dengan karakter dan kepribadian mereka dengan asumsi apabila mereka memilih salah satu gaya belajar yang dirasa sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka maka akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru mereka. Dalam penelitian ini ditemukan kendala dalam melaksanakan gaya belajar mereka di dalam kelas yaitu menemukan materi yang sulit dan tidak kondusifnya kondisi di dalam kelas dengan pencarian solusi yang berbeda-beda oleh masing-masing siswa siswa dengan prestasi akademik tertinggi di masing-masing kelas memilih untuk mencari solusi dengan mencari jalan lain untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Siswa dengan prestasi akademik tertinggi dan terendah di masing-masing kelas memilih untuk diam dan pasrah atau meninggalkan ruang kelas. Saran yang diberikan adalah semua yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran ekonomi bisa memaksimalkan karakter masing-masing siswa didalam proses kegiatan pembelajaran. Tidak hanya mengandalkan kurikulum dengan budaya membaca tetapi melibatkan indera dan fisik masing-masing siswa agar siswa dengan gaya belajar selain visual bisa mengikuti dan nyaman dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39950

Actions (login required)

View Item View Item