Pengaruh modernitas dan pemahaman ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas x ips SMAN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Nariza Sonya Hanum

Hanum, Nariza Sonya (2018) Pengaruh modernitas dan pemahaman ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas x ips SMAN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Nariza Sonya Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hanum, Nazira Sonya. 2018. Pengaruh Modernitas dan Pemahaman Ekonomi terhadap Rasionlitas Berkonsumsi Siswa Kelas X IPS SMAN 7 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, FE, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto M.Si Kata kunci: Modernitas, Pemahaman Ekonomi, Rasionalitas Berkonsumsi Pada era modern ini segalanya begitu mudah untuk diakses, hampir segala aspek kehidupan menjadi mudah untuk dilakukan. Tak hanya sistem komunikasi yang sangat cepat dan mudah, namun kemudahan ini juga merambat ke aspek perekonomian juga. Perekonomian yang mulai menggunakan sistem online mempermudah seseorang melakukan kegiatan berkonsumsi. Kondisi ini menuntut seseorang untuk bersikap rasional dalam berkonsumsi, karena pada era modern ini banyak sekali produk-produk yang disajikan secara online dan mudah diakses, maka seseorang harus bersikap rasional dalam berkonsumsi. Rasionalitas berkonsumsi ini juga harus didukung oleh pemahaman ekonomi yang baik sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bagi individu tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah: a) Menjelaskan pengaruh Modernitas terhadap Rasionalitas Berkonsumsi pada siswa, b) Menjelaskan pengaruh Pemahaman Ekonomi terhadap Rasionalitas Berkonsumsi pada siswa, c) Menjelaskan Pengaruh Modernisasi, dan Pemahaman Ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa. Variabel terikat penelitian ini terdiri dari modernitas dan pemahaman ekonomi sedangkan variabel bebas adalah rasionalias berkonsumsi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang mengambil sampel sebanyak 101 dengan populasi sebanyak 136, sampel didapatkan dari formula Slovin. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh parsial maupun simultan modernitas, pemahaman ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas X IPS SMAN Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumbangan efektif modernitas (X1) terhadap rasionalitas berkonsumsi (Y) sebesar 12,46%, sedangkan sumbangan efektif pemahaman ekonomi (X2) terhadap rasionalias berkonsumsi sebesar 0,70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan modernitas terhadap rasionalitas berkonsumsi, terdapat pengaruh positif yang signifikan pemahaman ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi, terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan modernitas dan pemahaman ekonomiterhadap rasionalitas berkonsumsi pada siswa kelas X IPS SMAN Malang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39949

Actions (login required)

View Item View Item