Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dikolaborasikan dengan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 2 Malang /

Ilmiah, Fatatiq Nur (2018) Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dikolaborasikan dengan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMA Negeri 2 Malang /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ilmiah Fatatiq Nur. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together (NHT) Dikolaborasikan dengan Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 4 Semester Gasal Tahun Ajaran 2017/2018 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir S.Sos. M.Si. Kata Kunci Numbered Heads Together Make A Match aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat beberapa permasalahan belajar yang terdapat di kelas XI IPS 4 SMAN 2 Malang. Pada saat proses pembelajaran banyak siswa yang melakukan kegiatan diluar kegiatan belajar seperti bermain handphone mengganggu teman lain berbicara dengan teman diluar konteks pembelajaran dan tidur di kelas. Selain itu siswa kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan tidak mencatat materi belum aktif dalam bertanya mengemukakan pendapat dan merespon jawaban teman. Hal tersebut membuat siswa kurang memahami materi pembelajaran yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together dikolaborasikan dengan Make A Match akan memudahkan siswa dalam memahami materi karena siswa didorong untuk melakukan kegiatan diskusi yang bertujuan agar siswa saling bekerja sama dan bertukar pikiran. Teknik pembelajaran tersebut juga membuat siswa antusias dan lebih aktif dalam proses pembelajaran karena siswa diberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas belajar sendiri dan terdapat unsur permainan dalam teknik pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik NHT dikolaborasikan dengan Make A Match pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMAN 2 Malang (2) untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik NHT dikolaborasikan dengan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMAN 2 Malang (3) untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik NHT dikolaborasikan dengan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMAN 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 semester gasal tahun ajaran 2017/2018 SMAN 2 Malang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes pengamatan/observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I presentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar sebesar 56.72% kemudian pada siklus II presentase tersebut meningkat sebesar ii 22.06% sehingga menjadi 78.78%. Pada hasil belajar afektif siklus I presentase ketuntasannya sebesar 59.82% kemudian meningkat sebesar 20.98% sehingga menjadi 80.80%. Pada hasil pre-test siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 1 orang (3.03%) sedangkan hasil pre-test siklus II meningkat sebesar 6.06% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa (9.09%). Pada hasil post-test siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (66.66%) sedangkan hasil post-test siklus II meningkat sebesar 21.21% jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (87.87%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39946

Actions (login required)

View Item View Item