Penguatan pendidikan karakter dalam mata pelajaran ekonomi sebagai wujud implementasi kurikulum 2013 (studi kasus kelas X MIPA 1 MAN 1 Malang) / Muhammad Irfan Mujahidin

Mujahidin, Muhammad Irfan (2018) Penguatan pendidikan karakter dalam mata pelajaran ekonomi sebagai wujud implementasi kurikulum 2013 (studi kasus kelas X MIPA 1 MAN 1 Malang) / Muhammad Irfan Mujahidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Mujahidin, Muhhammad Irfan. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Dalam. Mata Pelajaran Ekonomi Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Kelas X MIPA 1 MAN 1 Malang). Skripsi , jurusan ekonomi pembangunan, program studi pendidikan ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si Kata kunci: Pendidikan karakter, mata pelajaran ekonomi, MAN 1 Malang Degradasi moral yang mencolok telah terjadi pada siswa masa kini akibat perkembangan teknologi dan informasi yang sangat bebas sehingga siswa menjadi rawan sekali untuk terpengaruh hal negatif. Hal ini bisa di bentengi dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) yang di integrasikan kedalam pembelajaran ekonomi untuk membentuk karakter siswa yang baik sekaligus meminimalkan dampak dari teknologi dan informasi yang bebas di peroleh siswa melalui internet Fokus dalam penelitian in adalah Bagaimana keterlaksanaan pendidikan karakter di mata pelajaran ekonomi sebagai wujud implementasi kurikulum 2013 di kelas X MIPA 1 MAN 1 Malang. Upaya yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban tersebut adalah dengan cara melakukan penelitian terhadap subjek penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purpose sampling kepada guru dan snowball sampling kepada siswa. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan mengenai penanaman pendidikan karakter di dalam pembelajaran ekonomi kelas X MIPA 1 MAN 1 Malang dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan pendidikan karakter sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu meliputi lima karakter utama, religius, integritas, gotong royong, madiri, dan nasionalis beserta nilai-nilai karakter turunannya. Saran penelitian ini (1) Guru lebih kreatif dalam membuat skenario pembelajaran yang bermuatan karakter agar siswa bisa lebih menerima dengan baik apa yang ingin di tanamkan karakter kepadanya, serta guru juga lebih kreatif dalam mengaitkan materi ekonomi dengan karakter-karakter sehari-hari yang langsung dialami siswa. (2) mahasiswa bisa mendalami mengenai penanaman karakter sebelum mengajar di sekolah agar ikut berkontribusi untuk memebentuk karakter siswa di era modern saat ini yang sangat bebas dan terbuka terhadap teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39944

Actions (login required)

View Item View Item