Analisis literasi keuangan berbasis gender (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Chandra Adi Cahyono

Cahyono, Chandra Adi (2018) Analisis literasi keuangan berbasis gender (studi kasus pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Chandra Adi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Cahyono, Adi Chandra, 2018. ÔÇ£Analisis Literasi Keuangan Berbasis Gender (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)ÔÇØ. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Gender Kesejahteraan keuangan diperoleh melalui pemahaman keuangan. Pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan keuangan harus dimiliki oleh setiap orang, supaya dapat secara optimal menggunakan intrumen dan produk keuangan serta dapat membuat keputusan keuangan yang tepat. Mahasiswa sebagai individu harus bisa secara mandiri mengatur keuangannya dengan baik dan juga harus bisa bertanggung jawab atas keputusan yang telah mereka buat. Berdasarkan observasi prapenelitian yang dilakukan ditemukan adanya fenomena perbedaan perilaku konsumsi dan pemanfaatan pendapatan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat literasi keuangan yang dimiliki Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pemilihan sumber data, peneliti tidak menentukan jumlahnya tetapi berdasarkan purposive sampling. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik, yaitu: (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisis hingga dapat menjadi hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tahapan-tahapan analis data penelian yang meliputi (1) Reduksi data, (2) Display data, dan (3) Verifikasi dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Mahasiswa perempuan memiliki literasi keuangan lebih tinggi dari laki-laki. Mahasiswa perempuan tergolong kedalam tipe Well Literate, karena mampu mengkombinasikan cara pengelolaan dan penggunaan dananya untuk kebutuhan konsumsinya dan mampu meningkatkan sumber keuangannya melalui usaha yang dimiliki dan dilakukan. Mahasiswa laki-laki dinyatakan pada tipe Sufficient Literate, karena mengkombinasikan pengelolaan dan penggunaan dananya untuk kebutuhan konsumsi, pengelolaan keuangan mereka condong kepada pemikiran bagaimana pendapatan mereka bisa memenuhi kebutuhan tanpa meningkatkan nilai tambah pada pendapatan mereka sendiri. Saran dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagi mahasiswa sebaiknya selalu mengaplikasikan pembelajaran dengan membuat perencanaan, melakukan kontrol, dan memiliki anggaran menabung yang pasti setiap bulannya. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan masalah yang lebih bervariasi dan mengungkap gambaran masalah literasi keuangan pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi lebih luas dengan menambah faktor demografi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39941

Actions (login required)

View Item View Item