Perbedaan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dan think pair share terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yuniar Adhinaya Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dan think pair share terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yuniar Adhinaya Yulianti

Yulianti, Yuniar Adhinaya (2018) Perbedaan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dan think pair share terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tumpang / Yuniar Adhinaya Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Yulianti Yuniar Adhinaya 2018. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci model pembelajaran tipe Jigsaw model pembelajaran Think Pair Share (TPS) hasil belajar Berhasilnya proses belajar dan pembelajaran ditandai dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang tercermin pada meningkatnya hasil belajar siswa. akan tetapi seringkali kita melihat pembelajaran yang dilakukan kurang melibatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran dan memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Permasalahan tersebut juga terjadi di SMA Negeri 1 Tumpang. Ketika penulis melakukan KPL di SMA Negeri 1 Tumpang banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Dengan diterapkannya model pembelajaran tipe Jigsaw dan Think Pair Share diharapkan mampu untuk mengatasi masalah hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tumpang yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penentuan sampel dengan melakukan pre-test pada keseluruhan populasi selanjutnya dipilih dua kelas yang memiliki rata-rata nilai pre-test yang sama. Berdasarkan nilai pre-test terpilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPS 4 yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 yang diajar menggunakan model Think Pair Share sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS 4 berupa rata-rata nilai post-test sebesar 78 03 dan memiliki gain score 33 21 sedangkan rata-rata nilai post test siswa kelas x ips 1 adalah 73 36 dan memiliki gain score 28 47. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (0 026) 0 05 sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model TPS. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang untuk menerpakan model pembelajaran Jigsaw sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi dikarenakan model ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39939

Actions (login required)

View Item View Item