Pengaruh literasi keuangan dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2018) Pengaruh literasi keuangan dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khasanah, Uswatun. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Menabung Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P.Ak., Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, Perilaku Menabung Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan yang diperoleh guna mencukupi kebutuhan di masa depan. Perilaku menabung perlu ditanamkan kepada anak mulai dari kecil hingga dewasa, terutama pada usia remaja. Ketika memasuki usia remaja, siswa sering dihadapkan pada kesulitan dalam pengelolaan keuangan dan kegiatan konsumsi yang kurang bermanfaat sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor rendahnya perilaku siswa dalam menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial dan simultan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi keuangan dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, sedangkan variabel dependen yaitu perilaku menabung siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda melalui bantuan SPSS 22 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 108 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 85 siswa berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku menabung siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif literasi keuangan sebesar 65,3% dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga sebesar 16,1% serta sisanya 18,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi guru ekonomi hendaknya memberikan pendidikan keuangan yang berhubungan dengan kegiatan menabung dalam materi pembelajaran ekonomi, (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian dengan mengembangkan indikator dari veriabel bebas maupun variabel terikat yang telah diteliti serta dapat menemukan variabel lain yang belum dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39937

Actions (login required)

View Item View Item