Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnia kelas X di SMK PGRI Turen / Siti Aisyah

Aisyah, Siti (2018) Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnia kelas X di SMK PGRI Turen / Siti Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aisyah, Siti. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X di SMK PGRI Turen. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Drs. Prih Hardinto, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar Pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian pengetahuan yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guna mendapatkan hasil belajar yang baik seorang guru hendaknya dapat memilih dan menentukan model mengajar yang tepat sesuai dengan kemampuan siswa karena pemilihan model yang tepat akan memberikan motivasi pada siswa untuk belajar. Terdapat banyak model pembelajaran yang dapat digunakan guru diantaranya adalah Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS). Siswa kelas X SMK PGRI Turen memiliki hasil belajar mata pelajaran ekonomi dan bisnis yang rendah, dimana hampir sebanyak 50 % masih belum mencapai KKM. Berdasarkan observasi di dalam kelas hal tersebut disebabkan oleh siswa yang merasa bosan dan tidak tertarik saat guru menjelaskan materi didepan kelas. Fonomena di atas yang mendorong peneliti melalukan penelitian pada kelas X yang dilaksanakan di SMK PGRI Turen Jln. Salak Gg. 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, yang digunakan untuk menguji perbedaan hasil belajar peserta didik dengan dua model pembelajaran yang berbeda, yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK PGRI Turen Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas, yaitu X AK, X TN dan X ADM. Sedangkan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sample, kelas yang digunakan yaitu kelas X ADM sebagai kelas eksperimen dan kelas X TN sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diambil melalui kegiatan pre-test dan post-test.. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan Software SPSS 20,0 For Windows melalui uji instrumen. Hasil dari uji instrumen pada penelitian ini kemudian dijabarkan melalui kalimat (deskriptif). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa (1 ) hasil belajar siswa yang diterapkan meodel pembelajaran numbered head together di kelas X ADM mendapatkan nilai ekonomi dan bisnis yang sangat baik. (2) Hasil belajar siswa yang diterapkan metode pembelajaran think pair share di kelas X TN mendapatkan nilai ekonomi yang baik, (3) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together dan think pair share. (4) model pembelajaran numbered head together lebih efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonmi dan bisnis kelas X SMK PGRI Turen daripada model pembelajaran think pair share.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39936

Actions (login required)

View Item View Item