Perbedaan penerapan metode pembelajaran kooperatif make a match dan round table terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School / Erni

Erni (2018) Perbedaan penerapan metode pembelajaran kooperatif make a match dan round table terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School / Erni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Erni, 2018. Perbedaan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Make A Match Dan Round Table Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof Dr. Sri Umi Mintarti W.,SE,MP,AK. Situasi yang terjadi di kelas XI IIS yaitu peserta didiknya cenderung kurang antusias selama proses pembelajaran. Siswa cenderung tidak memperhatikan guru ketika guru sedang menerangkan materi pembelajaran dan cenderung asyik mengobrol dengan temannya. Kemudian jika guru memberikan tugas kelompok, hanya beberapa siswa yang memikirkan jawabannya. Kemudian siswa yang lainnya mengandalkan jawaban dari temannya. Siswa cenderung pasif ketika pembelajaran. Ketika guru memberikan pertanyaan hanya beberapa siswa yang sering menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini akan berdampak pada perolehan hasil belajar siswa kelas XI IIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik antara metode pembelajaran Kooperatif Make A Match atau metode pembelajaran Kooperatif Round Table pada hasil belajar kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) desain nonequivalent control group design dengan pretest-postest. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas 2 kelas yaitu XI IIS 5 dan XI IIS 6. Kelas XI IIS 5 dipilih sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode make a match. Kelas XI 6 dipilih sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode round table. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan dari rata-rata kemampuan akhir (post test) dan gain score siswa menunjukkan selisih nilai antara pre test dan post test. Hasil uji hipotesis terhadap post test terdapat signifikasnsi 0,017< 0,05. Hasil uji hipotesis terhadap gain score terdapat signifikansi 0,047 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang siginifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dan round table. Kata kunci: Make a Match, Round Table, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39935

Actions (login required)

View Item View Item