Analisis penerapan literasi keuangan mahasiswa aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Robby Achmad Alkautsar

Alkautsar, Robby Achmad (2018) Analisis penerapan literasi keuangan mahasiswa aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Robby Achmad Alkautsar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alkautsar, Robby Achmad. 08.ÔÇ£Analisis Penerapan Literasi Keuangan Mahasiswa Aktivis Organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri MalangÔÇØ.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Literasi Keuangan, Aktivis Organisasi Literasi keuangan berdampak besar bagi setiap individu dalam kehidupan sehari-hari untuk menjamin kesejahteraan dan juga menyikapi setiap masalah ataupun perencanaan untuk masa depan. Keseharian mahasiswa yang berada di Fakultas Ekonomi sendiri pastinya juga beragam, khususnya mahasiswa yang memiliki kesibukan sebagai aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan literasi keuangan oleh mahasiswa aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui kegiatan wawancara dan observasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive samplingdengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkann bahwa mahasiswa aktivis organisasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang memiliki literasi keuangan yang baik.Berdasarkan indikator-indikator dari ke enam informan yang telah di teliti dan telah digolongkan berdasarkan tingkat literasi keuangannya ditemukan bahwa (1) memiliki tingkat literasi yang baik atau Well Literate yang meliputi kemampuan dalam penganggaran keuangan, bagaimana mengelola keuangan keseharian serta jangka panjang, menentuan skala prioritas dalam pengeluaran, memiliki perencanaan menabung, memahami penggunaan rekening tabungan bank, memahami penggunaan fasilitas perbankan, mengetahui manfaat layanan perbankan, serta mampu mendapatkan sumber keuangan tambahan. (2) memiliki tingkat literasi keuangan yang cukup atau Sufficient Literate yaitu tindakan yang dilakukan masih condong pada bagaimana penggunaan uang untuk mencapai kepuasan dalam berkonsumsi. Penguasaan literasi keuangannnya masih pada optimalisasi sumber keuangan untuk pemuas kebutuhan semata, tanpa melakukan pertimbangan apapun.Resiko kegagalan pengguanan uang tidak pernah dipikirkan karena orang tua masih menjadi tempat kembali bila terjadi masalah tersebut.Penggunaan produk perbankan juga hanya semata tempat pengambilan uang dan tempat untuk menerima kiriman uang dari orang tua. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran untuk Bagi mahasiswa aktivis organisasisebaiknya membuat daftar perencanaan keuangan yang mencakup seluruh perkiraan pengeluaran keuangan untuk kebutuhan perkuliahan dan juga organisasi agar terhindar dari masalah-masalah keuangan yang di sebabkan oleh kebutuhan organisasi yang tidak terduga dan tidak menentu.Bagi pengembangan ilmu/peneliti selanjutnyasebaiknya bisa memperluas subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39933

Actions (login required)

View Item View Item