Analisis perilaku konsumsi siswa ditinjau dari pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku (studi fenomenologi pada siswa Jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari) / Widya Eka Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perilaku konsumsi siswa ditinjau dari pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku (studi fenomenologi pada siswa Jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari) / Widya Eka Puspitasari

Puspitasari, Widya Eka (2018) Analisis perilaku konsumsi siswa ditinjau dari pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku (studi fenomenologi pada siswa Jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari) / Widya Eka Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Puspitasari Widya Eka. 2018. Analisis Perilaku Konsumsi Siswa Ditinjau dari Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga dan Pengelolaan Uang Saku (Studi Fenomenologi pada Siswa Jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Perilaku Konsumsi Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Pengelolaan Uang Saku Perilaku Konsumsi Siswa Rasionalitas Konsumsi Siswa Perilaku konsumsi merupakan kegiatan seseorang dalam menggunakan sumber daya modalnya untuk memenuhi kebutuhan. Perilaku konsumsi juga tidak terlepas dari kegiatan siswa dalam mengalokasikan uang saku yang dimiliki untuk digunakan dalam pemenuhan kebutuhan yang dilandasi dari pendidikan ekonomi dalam keluarga yang diterimanya yakni meliputi pendidikan keteladanan penjelasan verbal dan tuntutan yang relevan. Pendidikan ekonomi dalam keluarga tersebut dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-harinya yakni penerapan dalam berkonsumsi dan mengelola keuangan pribadi. Pengelolaan uang saku siswa dapat dilihat dari strategi siswa dalam mengelola uang saku serta kegiatan menabung yang dilakukan oleh siswa. Pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku yang baik dalam diri siswa dapat menjadikan siswa memiliki pola konsumsi yang rasional. Fenomena yang ada menunjukkan bahwa siswa jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari memiliki pola konsumsi yang masih pada batas rasional namun rasionalitas tersebut berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain. Fokus penelitian ini bertujuan untuk menanalisis perilaku konsumsi siswa apabila ditinjau dari pendidikan ekonomi dalam keluarga dan pengelolaan uang saku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi dan teknik dalam analisis data yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan ekonomi dalam keluarga yang diterima siswa jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari dikategorikan sudah baik hal tersebut dibuktikan dari penerapan siswa dalam berkonsumsi yakni siswa melakukan kegiatan konsumsi yang sesuai dengan proses pembelajaran yang diterima di dalam masing-masing keluarga siswa mengenai kegiatan berkonsumsi dalam hal keputusan pembelian barang dan jasa secara rasional serta tuntutan dari kegiatan menyisihkan uang saku untuk menabung. (2) Rasionalitas berkonsumsi siswa jurusan IPS angkatan 2015 di SMA Negeri 1 Singosari juga dilandasi oleh kepribadian siswa dalam mengelola uang saku yakni dengan tidak berkonsumsi diatas batas uang saku yang dimiliki selain itu setiap siswa juga didapati selalu menabung sisa dar uang saku untuk motif berjaga-jaga atas kebutuhan yang mendadak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39930

Actions (login required)

View Item View Item