Faktor literasi keuangan siswi Sekolah Menengah Atas yang tinggal di pondok pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Modern Al-Rifa'ie Satu Gondanglegi) / Nevi Anisa

Anisa, Nevi (2018) Faktor literasi keuangan siswi Sekolah Menengah Atas yang tinggal di pondok pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Modern Al-Rifa'ie Satu Gondanglegi) / Nevi Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anisa Nevi.2018. Faktor Literasi Keuangan Siswi Sekolah Menengah Atas Yang Tinggal Di Pondok Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Modern Al- Rifa ie Satu Gondanglegi.Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata kunci Literasi Keuangan Faktor Literasi Keuangan Siswi SMA Pondok Pesantren Literasi keuangan merupakan komponen pengetahuan keuangan yang penting bagi setiap individu khususnya pelajar SMA yang tinggal di Pondok Pesantren yang dituntut untuk secara mandiri membuat keputusan keuangan pada kenyataannya usia SMA merupakan masa transisi dimana seseorang lebih cenderung untuk mengunakan uangnya untuk konsumsi tidak sehat sehingga penting bagi siswi SMA yang tinggal di pondok pesantren untuk memiliki tingkat literasi keuangan yang tinggi seseorang dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi akan memiliki keputusan keuangan yang bersifat positif. Oleh karena itu terdapat faktor-faktor yang diyakini dapat mendasari tingkat literasi keuangan siswi SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dimana peneliti melakukan observasi sebagai tahap awal untuk mengetahui kondisi sosial pondok pesantren kemudian peneliti memberikan test literasi keuangan yang dijadikan sebagai tolak ukur tingkat literasi keuangan siswi sekaligus dijadikan sebagai pijakan dalam pemilihan informan yang akan diwawancara terkait faktor literasi keuangan. adapun subjek penelitian ini yaitu siswi SMA AL-RIFA IE yang tinggal di Pondok Pesantren Al Rifa ie Satu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswi SMA AL-RIFA IE yang tinggal di Pondok Pesantren Al Rifa ie Satu didominasi oleh siswi yang memiliki tingkat literasi keuangan sedang hal ini dibuktikan dengan hasil test yang menunjukkan bahwa sebanyak 45% siswi dengan tingkat literasi keuangan sedang kemudian 39% lainnya dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi dan sisanya sebanyak 16 % dengan tingkat literasi keuangan yang rendah. Faktor utama yang mendasari tingkat literasi keuangan siswi yaitu pendidikan keuangan orang tua dan pendidikan di sekolah. Selain itu juga terdapat faktor pendukung lainnya yang saling berhubungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39929

Actions (login required)

View Item View Item