Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang bekerja pada semester 6 / Novia Tri Hapsari

Hapsari, Novia Tri (2018) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang bekerja pada semester 6 / Novia Tri Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hapsari, Novia Tri. 2018. ÔÇ£Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014 yang Bekerja Pada Semester 6ÔÇØ. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Mahasiswa Bekerja Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai dari adanya proses perkuliahan di kelas. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dalam diri mahasiswa untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Motivasi belajar merupakan kekuatan, daya pendorong, atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri mahasiswa untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam mengikuti perkuliahan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar (2) pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar (3) pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar (4) variabel mana yang memberikan kontribusi lebih besar. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 yang bekerja pada semester 6 yaitu sebanyak 40 sampel dari 186 populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif ex-post facto. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi berganda, dengan bantuan program SPSS 23 for Windows. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasilnya adalah: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan (3) pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan (4) Variabel motivasi belajar memberikan pengaruh lebih besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 27.5422%, motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 49.7740% dan sisanya sebesar 22.6838% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah (1) Mahasiswa diharapkan untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosional dan motivasi belajarnya terutama untuk mahasiswa yang bekerja agar bisa mendapatkan IP yang baik pada semester-semester berikutnya. (2) Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat memperluas variable lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini, karena pada dasarnya masih banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39928

Actions (login required)

View Item View Item