Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui model pembelajaran group investigation di kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen tahun pelajaran 2017/2018 / Ramadhani Kirana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui model pembelajaran group investigation di kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen tahun pelajaran 2017/2018 / Ramadhani Kirana Putri

Putri, Ramadhani Kirana (2018) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui model pembelajaran group investigation di kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen tahun pelajaran 2017/2018 / Ramadhani Kirana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putri Ramadhani Kirana. 2018. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan melalui Model Pembelajaran Group Investigation di kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen Mlang Tahun Ajaran 2017/2018 .Program S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Mlang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Keaktifan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal di kelas XI Multimedia SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa banyak mengobrol dengan teman sebangku karena guru cenderung hanya sering memberikan tugas setelah menjelaskan materi. Hal tersebut menyebabkan siswa tidak mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan berpikir mereka secara individu tidak mampu mengutarakan pendapat atau argumennya sendiri dan kesadaran akan mencatat materi pembelajaran juga kurang sehingga menyebabkan hasil belajar mereka rendah dengan kata lain banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018 yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan 4 tahap di masing-masing siklusnya yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang berjumlah 25 siswa Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dokumentasi lembar observasi soal tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada siklus I 71 43% meningkat sebesar 10 71% menjadi 82 14% pada siklus II dan mengalami peningkatan lagi sebesar 14 28% pada siklus III menjadi 96 42%. Keaktifan siswa pada siklus I 46 29% meningkat sebesar 21 63% menjadi 67 92% pada siklus II dan mengalami peningkatan kembali menjadi 81 05% pada siklus III. Pada Siklus I untuk hasil belajar kognitif siswa sebesar 62% mengalami peningkatan menjadi 88% dengan rata-rata 80 8 pada siklus II dan mengalami peningkatan kembali pada siklus III menjadi 92% dengan rata-rata sebesar 86. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat diterapkan pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang. Penerapan model pembelajaan ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI MM SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang. Saran bagi Guru adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation ini dapat menjadi alternative pembelajaran siswa di kelas dalam matapelajaran kewirausahaan dan mata pelajaran lain yang memiliki sub bab banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39925

Actions (login required)

View Item View Item