Analisis Perilaku Konsumsi Ditinjau dari Gaya Hidup (Studi Fenomenologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang) / Mahda Rizqi Choirun N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Perilaku Konsumsi Ditinjau dari Gaya Hidup (Studi Fenomenologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang) / Mahda Rizqi Choirun N.

Choirun N., Mahda Rizqi (2018) Analisis Perilaku Konsumsi Ditinjau dari Gaya Hidup (Studi Fenomenologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang) / Mahda Rizqi Choirun N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN N. Mahda Rizqi C. 2018. Analisis Perilaku Konsumsi Ditinjau dari Gaya Hidup (Studi Fenomenologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata Kunci Efisiensi Konsumsi aktivitas Minat Opini Demografi Perkembangan jaman yang semakin maju mendorong masyarakat melakukan kegiatan ekonomi lebih tinggi sehingga mempengaruhi pola konsumsinya. Pada usia ini remaja mengalami perubahan baik secara fisik maupun psikis. Fenomena ini salah satunya terjadi pada siswa SMA yang termasuk ke dalam kategori remaja. Siswa menggunakan uang saku untuk membeli paket internet jalan-jalan nonton bioskop dan nongkrong di cafe bersama teman-temannya. Selain itu letak SMA Negeri 2 Malang yang cukup dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan seperti Malang Plaza Matahari Ramayana Trend Gajah Mada Plaza Malang pasar besar Carefour cafe-cafe yang biasanya digunakan sebagai tempat jalan-jalan ketika pulang sekolah. Fokus dalam penelitian ini untuk menganalisis perilaku konsumsi jika ditinjau dari gaya hidup siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh kemudian diproses melalui analisis data yaitu pengumpulan data reduksi data display dan simpulan atau verivikasi. Pengecakan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian yaitu (1) Kegiatan konsumsi siswa kelas XI IPS seperti siswa pada umumnya selain itu siswa juga membayar ekstrakulikuler untuk menyewa jasa pelatih dan membayar parkir. (2) Informan berpikir panjang sebelum membeli sesuatu agar tidak mendapatkan hasil mengecewakan. (3) Faktor yang paling sering mempengaruhi pola konsumsi informan yaitu keinginan dan bujukan teman. (4) Setelah pulang sekolah informan pergi jalan-jalan nongkrong dan menonton bioskop bersama teman-temannya sedangkan informan lain memilih untuk pulang langsung ke rumah. (5) Informan yang mengikuti ekstrakulikuler broadcasting memilih untuk pergi bersama teman-temannya karena kegiatannya yang flat. (6) Beberapa informan mudah tertarik dengan barang diskon karena mendapatkan potongan harga dan barangnya yang limited sedangkan informan lain tidak begitu peduli dengan diskon. (7) Lingkungan sekolah dan teman sebaya memberikan banyak pengaruh pada konsumsi informan. Saran penelitian ini (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi Guru hendaknya juga memberikan pemahaman ekonomi yang kuat kepada siswa melalui kegiatan nyata tampilan video dan beberapa studi kasus agar siswa dapat berpikir secara rasional. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan sumber data dan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39921

Actions (login required)

View Item View Item