Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) dan scramble pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan dasar manajemen siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Efyta Choiriyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) dan scramble pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan dasar manajemen siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Efyta Choiriyana

Choiriyana, Efyta (2018) Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) dan scramble pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan dasar manajemen siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Efyta Choiriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Choiriyana Efyta. 2018. Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) dan Scramble pada Matapelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Dasar Manajemen Siswa Kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/ 2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. Kata kunci Penelitian Tidakan Kelas Model Pembelajaran STAD Model Pembelajaran Scramble Hasil Belajar Ekonomi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa ketercapaian nilai siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu matapelajaran ekonomi dalam ranah kognitif ataupun afektif masih rendah. Melalui hasil Ulangan Tengah Semester dan hasil pengamatan lapangan yang telah dilakukan oleh guru diketahui bahwa nilai ekonomi seluruh siswa kelas X IIS 1 tidak memenuhi standar yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku untuk matapelejaran ekonomi kelas X di MA Bilingual Batu adalah 8805 79. Siswa dinyatakan tuntas apabila nilai yang diperoleh sama dengan atau lebih dari 79 sedangkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada Ulangan Tengah Semester adalah 41 2 dengan persentase ketuntasan 0%. Peneliti juga mendapati siswa bersifat acuh saat guru memberikan materi saat proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dan scramble pada matapelajaran ekonomi (manajemen) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 . Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 17 siswa laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar yang telah lolos uji melalui program SPSS 16.0 (uji validitas uji reliabilitas uji tingkat kesukaran dan uji daya beda soal) dan lembar observasi untuk mengamati sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test adalah 45 05. Sedangkan setelah peneliti menerapkan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran scramble hasil post-test yang diperoleh pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 32 79 poin atau menjadi 77 84 dengan persentase ketuntasan sebesar 64 86%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata post-test yang diperoleh meningkat sebesar 10 45 poin menjadi 88 29 dengan persentase ketuntasan 91 89%. Dengan berdasarkan data observasi sikap siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 7 5 poin dari perolehan pada siklus 1. Hal tersebut juga diikuti dengan kenaikan persentase ketuntasan siswa pada aspek penilaian sikap siswa. Pada siklus 1 persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 58 11% sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan siswa yang dicapai sebesar 81 08%. 2 Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran STAD dan scramble untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 1 MA Bilingual Batu dapat berjalan dengan baik apabila terdapat penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan nyaman serta pembawaan guru yang baik untuk mengarahkan siswa dibantu dengan pemanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia sangat diperlukan saat menjalankan kegiatan proses pembelajaran di kelas agar mendapatkan hasil yang optimal. 3

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39919

Actions (login required)

View Item View Item