Faktor yang di pertimbangkan siswa memilih mata pelajaran ekonomi sebagai lintas minat di SMAN 1 Kepanjen / Anis Fridayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor yang di pertimbangkan siswa memilih mata pelajaran ekonomi sebagai lintas minat di SMAN 1 Kepanjen / Anis Fridayanti

Fridayanti, Anis (2018) Faktor yang di pertimbangkan siswa memilih mata pelajaran ekonomi sebagai lintas minat di SMAN 1 Kepanjen / Anis Fridayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fridayanti Anis. 2018. Faktor yang Dipertimbangkan Siswa Memilih Mata Pelajaran Ekonomi Sebagai Lintas Minat di SMAN 1 Kepanjen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H Agung Haryono. SE. Ak. MP Kata Kunci Lintas Minat Faktor Internal Faktor Ekternal Lintas minat merupakan program yang disediakan untuk mengakomodasi perluasan pilihan minat bakat atau kemampuan akademik siswa dengan tujuan penguasaan kelompok mata pelajaran keilmuan di luar pilihan minat. SMAN 1 Kepanjen merupakan sekolah menengah yang melakukan praktik lintas minat sejak tahun ajaran 2013-2014. Sekolah dipilih sebagai tempat untuk melakukan penelitian karena di kelas X XI dan XII lintas minat ilmu-ilmu sosial yang dijalani siswa hanya terdapat mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian diperlukan pembahasan mengenai faktor-faktor yang mendorong siswa SMAN 1 Kepanjen memilih lintas minat ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah (1) memberikan informasi mengenai pentingnya pandangan siswa terhadap faktor-faktor pertimbangan dalam memilih lintas minat ekonomi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan terhadap kegiatan lintas minat di sekolah (2) Untuk memberikan referensi bahan rujukan perbandingan penelitian dan pengembangan kajian pada lintas minat ekonomi Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari kegiatan observasi wawancara dan angket. Penulis berperan sebagai human instrument yang bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data menetapkan fokus penelitian menyeleksi informan sebagai sumber data melakukan pengumpulan data analisis data menafsirkan data dan membuat kesimpulan temuan. Penulis terlibat secara langsung pada lokasi untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk penelitian. Dalam penelitian ini trianggulasi teknik data teori dan metode diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang dipertimbangkan siswa dalam memilih lintas minat ekonomi di SMA Negeri 1 Kepanjen. Pertama Faktor Internal Minat terhadap hitungan. Kedua Faktor Internal Pandangan Karir pada bidang ekkonomi. Pemilihan lintas minat yang dilakukan siswa dimaksudkan untuk memenuhi kualifikasi tertentu pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Faktor eksternal yang dipertimbangkan siswa dalam memilih lintas minat ekonomi di SMA Negeri 1 Kepanjen. Pertama Faktor Ekternal rekomendasi orang tua tentang ekonomi sebagai ketrampilan hidup. Kedua rekomendasi BK dan Guru Mata pelajaran tentang kewajiban masuk peminatan. BK bertugas memberikan wawasan sekolah melalui sosialisasi kegiatan pembelajaran serta lintas minat menyebarkan anget menghimpun data siswa berdasarkan kriteria IQ UN SMP rekomendasi Guru BK nilai rapor semester 1 sampai dengan 6 persetujuan orang tua dan menyerahkan keputusan kepada kurikulum untuk menempatkan siswa. Ketiga faktor eksternal kebijakan pengadaan dan peleburan kelompok peminatan. Pengadaan kelompok mata pelajaran lintas minat disesuaikan dengan kapasitas dan kouta peserta lintas minat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39913

Actions (login required)

View Item View Item