Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X BI SMA Negeri 1 Turen / Muchammad Habibulloh

Habibulloh, Muchammad (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X BI SMA Negeri 1 Turen / Muchammad Habibulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Habibulloh Muchammad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X BI SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Kemempuan berpikir kritis hasil belajar . Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu mencetak generasi muda yang memiliki kopetensi dan saya saing tinggi di bidang ilmu pengetahuan. Model pembelajaran kooperatif yang tepat dan sesuai dengan materi akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran di kelas selain itu siswa juga mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru siswa dapat berpikir kritis ketika mengahadapi suatu permasalahan yang ada serta suasana pembelajaran di kelas menjadi hidup dan menyenangkan serta hasil belajar siswa pun bisa meningkat. Pada kenyataannnya pembelajaran di kelas X BI (Bakat Istimewa) SMA Negeri 1 Turen menunjukkan siswa yang pasif ketika pembelajaran berlangsung kurang mampus berpikir kritis dan hasil belajar yang rendah. Model pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X BI SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni (1) tahap perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan tes dokumentasi. Data yang dianalisis berupa keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir kritis siswa melalui observasi dan tes dan hasil belajar kognitif siswa melalui ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16%. Persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 31 5 % hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga meningkat sebesar 25 8 %. Berdasarkan paparan diatas hasil penelitian dan pembahasan guru penerapan model pembelajaran berbasis masalah seyogyanya bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan sekolah hendaknya bisa memberikan tambahan variasi model pembelejaran oleh guru dan seyogyanganya bisa menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya agar bisa memperbaiki atau dan mengantisipasi yang bisa menjadi kendala dalam proses pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39909

Actions (login required)

View Item View Item