Trisnawati, Eva (2018) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dikolaborasikan dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa .../ Eva Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Trisnawati Eva. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dikolaborasikan dengan Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Sapir S.Sos. M.Si Kata Kunci Discovery learning problem based learning hasil belajar Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut siswa aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar. Untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang efektif maka diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu dengan memecahkan permasalahan yang ada dilingkungan sekitar dimana siswa akan mengumpulkan berbagai informasi dan mempresentasikan hasil diskusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis pokok bahasan mengevaluasi masalah ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X administrasi perkantoran yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara diperoleh dari wawancara bersama guru mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis hasil soal pre test dan post test diperoleh dari siswa hasil pengamatan pada saat penelitian diperoleh dari observer dan hasil catatan lapangan diperoleh dari guru. Hasil analisis pencapaian hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai post test per siklus. Siklus pertama hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 81 25% dengan rata-rata nilai post tes sebesar 80 94. Sedangkan hasil belajar siswa pada nilai post test yang kedua siswa yang tuntas sebesar 93 75% dengan nilai rata-rata 90. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dikolaborasikan dengan problem based learning berkenaan dengan aktivitas guru dan rencana pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan. Hasil belajar siswa kelas X administrasi perkantoran yang diuji melalui post tes mengalami peningkatan dari siklus satu ke siklus dua. Saran yang dapat diberikan adalah (1) guru diharapkan dapat menambah informasi dilingkungan luar yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan dan bahan evaluasi bagi penelitain selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39907 |
Actions (login required)
View Item |