Efektivitas pembelajaran simulasi guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Ekonomi di MA Al-MaÔÇÖarif Singosari / Choirul Fathoni

Fathoni, Choirul (2018) Efektivitas pembelajaran simulasi guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Ekonomi di MA Al-MaÔÇÖarif Singosari / Choirul Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i SIMPULAN Fathoni, Choirul. 2018. Efektivitas Pembelajaran Simulasi Guna Meningkatkan hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di MA Al-Ma’arif Singosari. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Hari Wahyono, M.Pd Kata Kunci : pembelajaran simulasi, hasil belajar siswa, gain score Pendidikan merupakan sarana untuk menjadikan manusia yang berawal dari nature menjadi culture, hal tersebut dapat diketahui bahwa adanya pendidikan menjadikan manusia yang awalnya tidak tahu sesuatu menjadi manusia yang berpengetahuan dan bermoral. Dalam pendidikan itu sendiri terdapat proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu sebagai pengajar, pendidik, serta fasilitator dalam pendidikan. maka dengan demikian, agar pembelajaran berjalan dengan efesien dan efektif maka guru menerapkan pendekatan, metode serta teknik mengajar yang dianggap muktahir. Adapun siswa dalam proses pembelajaran berperan sebagai input yang akan diproses dengan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menjadi output yang mempunyai kompetensi dan karakter yang unggul. Dalam penelitian ini, populasi yang akan diteliti yaitu siswa kelas X MIA di MA-Al Ma’arif Singosari, dengan menerapkan model pembelajaran simulasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitasan pembelajaran simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari perbandingan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen ditentukan dengan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Data primer diperoleh dari tes (Pre-test dan Post-test) setelah tes telah memenuhi uji validitas, reliabilitas, daya sukar, dan daya beda soal, sedangkan data sekunder diperoleh dengan teknik dokumentasi serta observasi. Sampel data pada penelitian ini yaittu kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2. Setelah data diperoleh maka data tersebut dianalisis normalitas serta homogenitas ragam, guna memenuhi syarat Uji Independent T test. Adapun hasil penelitan menunjukan bahwa pembelajaran simulasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA Al Ma’arif Singosari, hal tersebut ditunjukan dengan rata-rata gain score nilai kelas eksperimen 12.8 dengan standar deviasi 13.46, sedangkan rata-rata gain score nilai kelas kontrol 8.80 dengan standar deviasi 11.62. setelah diketahui gain score antara kedua kelas maka dianalisis menggunakan Uji T tidak berpasangan, dan hasilnya diketahui bahwa perbandingan nilai gain score antara kelompok Kontrol dan Eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 1,578 dengan nilai signifikansi sebesar 0,118. Karena nilai thitung < ttabel atau nilai signifikansinya lebih besar dari taraf nyata 5% maka hipotesis diterima, sehingga pembelajaran simulasi dinyatakan efektif dari pada pembelajarn konvensional, Hal tersebut dibuktikan dengan gainscore kelas ekperimen lebih tinggi dari pada nilai kelas kontrol. Dengan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru untuk menambah strategi pembelajaran dikelas, bagi sekolah sebagai refrensi untuk menerapkan pembelajaran simulasi di materi tertentu yang cocok dengan metode ini, dan bagi peneliti selanjutnya yang hendak menguji pembelajaran simulasi untuk refrensi tambahan. Adapun dengan penelitian ini keseluruhan mengharapkan agar pendidikan di Indonesia dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39906

Actions (login required)

View Item View Item