Penerapan model pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dan time token sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat Ekonomi-1 di SMA An-Nur / Azim Musdalifatul Umaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dan time token sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat Ekonomi-1 di SMA An-Nur / Azim Musdalifatul Umaroh

Umaroh, Azim Musdalifatul (2018) Penerapan model pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stray) dan time token sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat Ekonomi-1 di SMA An-Nur / Azim Musdalifatul Umaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Umaroh Azim Musdalifatul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran TS-TS(Two Stay Two Stray)dan Time Token Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi-1 di SMA An-Nur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P.Ak. Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray(TS-TS) Model Pembelajaran Time Token Keaktifan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran di kelas X MIA7 atau kelas X lintas minat ekonomi yang cenderung menganggap mata pelajaran ekonomi harus menghafal dan hanya mendengarkan ceramah guru. Selain itu adanya kesenjangan dalam kegiatan pembelajaran yaitu adanya kelompok yang mendominasi antara siswa aktif dan siswa pasif dalam kelas yang berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak merata atau kesenjangan hasil belajar. Model pembelajaran yang sesuai dan tepat sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS)dan Time Token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Time Token untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksankan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui lembar obeservasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Lintas Minat Ekonomi 1 (X MIA 7)SMA An-Nur yang beralamat di Jl.Raya Bululawang Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Lintas Minat Ekonomi 1 (X MIA 7)yang ada di SMA An-Nur dengan jumlah siswa adalah 34 siswa yang terdiri dari seluruh siswa adalah perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Time Token dapat diterapkan oleh peneliti sebagai guru dengan sangat baik yaitu pada siklus I dan siklus II keterlaksanaan tindakan guru mengalami peningkatan sebesar 0 83% hal tersebut dapat dibuktikan pada siklus I sebesar 94 92% dan pada siklus II keterlaksanaan tindakan sebesar 95 75%. Keaktifan siswa pada siklus siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9 42% yakni pada siklus I sebesar 72 83% dan pada siklus II keterlaksanaan tindakan sebesar 82 25%. Hasil belajar yang diperoleh siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 32 35% yakni pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II keterlaksanaan tindakan sebesar 82 35%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Time Token sangat baik sehingga meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat Ekonomi 1(X MIA 7)di SMA An-Nur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39905

Actions (login required)

View Item View Item