Penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Moch. Faisal

Faisal, Moch (2018) Penerapan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Moch. Faisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faisal, Moch. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Ekonmi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sapir, S.Sos., M.Si. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Keberhasilan observasi pada awal penelitian di kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu terdapat sebagian peserta didik yang memperolah nilai dibawah KKM dalam mata pelajaran ekonomi. Terdapat 20 peserta didik yang tidak tuntas dari 35 jumlah total peserta didik didalam kelas. Hal tersebut didasari karena peserta didik masih banyak yang kurang mengikuti pelajaran dengan baik, serta pemilihan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru. Pendekatan ini guru berperan sebagai pemegang kontrol selama pembelajaran berlangsung, sehingga kurang melibatkan aktivitas siswa. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Aachievement Division (STAD) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui empat tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, catatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam aktivitas guru pada siklus I sebesar 82,37% dan pada siklus II sebesar 89,25%. Sehingga aktivitas guru meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 7,48%. Dalam aktivitas siswa didalam kelas pada siklus I sebesar 83,33% dan pada siklus II sebesar 86,33%. Sehingga dapat diketahui bahwa aktivitas siswa meningkat sebesar 3%. Pada ranah kognitif siswa siklus I terdapat 74,29% siswa yang mengalami ketuntasan dan pada siklus II terdapat 88,57% siswa yang mengalami ketuntasan. Dalam hal ini, siklus I dan siklus II pada hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 14,28%. Dari paparan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 2 MA Bilingual Batu. Siswa tertarik dengan metode-metode pembelajaran yang menarik, membuat aktif, serta mendorong siswa untuk kreatif dengan tujuan yang akan dicapai siswa pada proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39903

Actions (login required)

View Item View Item