Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Arina Tri Lutfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Arina Tri Lutfiana

Lutfiana, Arina Tri (2018) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar semester genap tahun ajaran 2017/2018 / Arina Tri Lutfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lutfiana Arina Tri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir S.Sos. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa belum memenuhi target yang diinginkan dan masih terdapat banyak siswa dengan nilai yang kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan dari data hasil ulangan harian sebelumnya yang menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 12 5% dengan jumlah 4 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Dalam proses penelitian penulis terlibat langsung sebagai guru model selama proses penelitian berlangsung pada tanggal 12 Januari 2018 sampai 30 Januari 2018. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah siswa siswi kelas XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan yang terdiri dari 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari presentase keberhasilan penerapan model pada siklus I sebesar 85 75% dan pada siklus II sebesar 96 42%. Kemudian setelah penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) hasil belajar siswa dapat meningkat hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post test siklus I sebesar 75 31 dengan presentase ketuntasan sebesar 37 5% dan rata-rata nilai post test siklus II sebesar 87 38 dengan presentase ketuntasan sebesar 96 87%. Model pembelajaran ini disarankan bagi guru bagi sekolah dan bagi peneliti lain sebagai variasi pelaksanaan pembelajaran sebagai alternatif model pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan kriteria ketuntasan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39901

Actions (login required)

View Item View Item