Analisis keikutsertaan siswa di bimbingan belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Neivisatuz Zihan Chabibah

Chabibah, Neivisatuz Zihan (2018) Analisis keikutsertaan siswa di bimbingan belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Neivisatuz Zihan Chabibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Chabibah, Neivisatuz. Zihan 2018. Analisis Keikutsertaan Siswa di Bimbingan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E.,Ak.M.P Kata kunci: Bimbingan belajar, deskriptif, ekonomi, hambatan, kualitatif. Bimbingan belajar bertujuan untuk membantu siswa yang mengalami hambatan dalam memahami materi pelajaran yang dalam penelitian ini fokus pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keikutsertaan siswa di bimbingan belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang serta menjadi bahan kajian evaluasi program bagi sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Obyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang memfokuskan pada XI IPS F dan XI IPS G yang mengikuti bimbingan belajar pada mata pelajaran Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengikuti bimbingan belajar pasti memiliki alasan tersendiri mengapa siswa mengikuti bimbingan belajar. Siswa memilih untuk mengikuti bimbingan belajar dengan suatu tujuan yang hendak dicapai, yaitu dengan memperoleh nilai yang meningkat dan lebih memahami materi. Faktor yang melatarbelakangi keikutsertaan siswa di bimbingan belajar karena siwa merasakan nilai yang kurang disebabkan dari faktor intern siswa sehingga siswa kurang memahami penjelasan dari guru yang mengkibatkan nilai menjadi menurun, serta adanya dorongan orang tua untuk mengikuti bimbingan belajar merupakan faktor ekstern. Manfaat yang dirasakan oleh siswa saat berada di tempat bimbingan belajar adalah tempat yang nyaman, kondusif serta mampu memperhatikan karakteristik siswa yang mengikuti bimbingan belajar, kemajuan dari satu persatu siswa di perhatikan. Saran yang diberikan untuk peneliti lain, yaitu peneliti lain seyogyanya dapat melakukan penelitian mengenai keikutsertaan siswa di bimbingan belajar pada mata pelajaran Ekonomi dengan menambah atau menggunakan teknik pengumpulan data yang lain agar hasilnya lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39899

Actions (login required)

View Item View Item