Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan make a match untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 9 Malang tahun ajaran 2017/2018 semester genap / Ryanesti Ratri Dewitasari

Dewitasari, Ryanesti Ratri (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan make a match untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 9 Malang tahun ajaran 2017/2018 semester genap / Ryanesti Ratri Dewitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dewitasari, Ryanesti Ratri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 Di SMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Genap. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi ,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti, W., S.E.,M.P.Ak. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match, Keaktifan siswa dan Hasil Belajar Siswa Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam proses pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran Ekonomi dibutuhkan metode pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan keaktifan, minat, motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya pembelajaran saat ini dirasa kurang menarik bagi siswa dan guru. Pada kurikulum 2013 juga menganjurkan menggunakan model pembelajaran yang memaksimalkan keaktifan dan kreativitas siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match dapat membantu siswa dalam belajar sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMAN 9 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 9 Malang dengan jumlah 36 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match. Hal ini dapat ditunjukkan hasil keaktifan siswa persentase pada siklus I 73,3%, sementara pada siklus II 91% keatas. Sedangkan hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata sebesar 76 sehingga presentase pada siklus I siswa tuntas sebesar 71%, sementara nilai rata-rata pada siklus II sebesar 84,3 sehingga presentase dari 28 siswa yang tuntas sebesar 92% Persentase keterlaksanaan tindakan peneliti pada siklus I sebesar 75,25%, pada siklus II perrsentase sebesar 87,37% juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match dapat meningkatkan ii keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 9 Malang. Model pembelajaran ini bisa diterapkan oleh guru Ekonomi sebagai referensi pelaksanaan pembelajaran, namun perlu diperhatikan tentang materi yang hanya bersifat konseptual dan analisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39897

Actions (login required)

View Item View Item