Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 02 Batu / Tety Ambarwati

Ambarwati, Tety (2018) Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 02 Batu / Tety Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ambarwati,Tety.2018.Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 02 Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th., M.Div., M.E. Kata Kunci :Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Proses belajar seorang siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang berasal dalam diri siswa (faktor internal) maupun faktor dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor motivasi belajar dan gaya belajar merupakan faktor dari dalam diri siswa yang ikut menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Motivasi mengarahkan segala perilaku siswa untuk mencapi tujuan atau keinginan yang ia inginkan. Gaya belajar merupakan kecenderungan siswa dalam belajar agar mendapat hasil yang maksimal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi siswa dalam belajar ialah faktor ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Seorang siswa yang belajar harus selalu di dukung oleh fasilitas yang baik di manapun ia belajar seperti halnya di rumah. Siswa kelas X IPS di SMAN 02 Batu memiliki hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah, dimana hampir sebanyak 50 % masih belum mencapai KKM. Berdasarkan observasi di dalam kelas hal tersebut disebabkan oleh antusias belajar siswa yang rendah, siswa belum memahami gaya belajar yang cocok dan fasilitas belajar yang di miliki siswa masih terbatas. Fonomena di atas yang mendorong peneliti melalukan penelitian pada kelas X IPS yang dilaksanakan di SMAN 02 Batu Jln. Hasannudin, Junrejo Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori, yang menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel (X1) motivasi belajar, (X2) gaya belajar, dan (X3) ketersediaan fasilitas belajar di rumah, terhadap variabel (Y) adaah hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 02 Batu. Data dalam penelitian ini diambil melalui metode angket untuk variabel bebas dan menggunakan teknik dokumentasi untuk variabel terikat. Data dalam penelitian ini diolah menggunkan bantuan Software SPSS 16 For Windows melalui analisis regresi berganda. Hasil dari regresi data pada penelitian ini kemudian dijabarkan melalui kalimat (deskriptif). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa (1 ) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 02 Batu (2) ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 02 Batu, (3) ada pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di rumah belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 02 Batu dan (4) ada pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 02 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39896

Actions (login required)

View Item View Item