Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Della Zhafira Khadijah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Della Zhafira Khadijah

Khadijah, Della Zhafira (2018) Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 / Della Zhafira Khadijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khadijah Della Zhafira. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN Kota Batu Tahun Pelajaran 2017/2018 . Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Susilo. M.Div. M.E. Kata Kunci Minat Belajar Disiplin Belajar Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan proses belajar. Minat belajar mempunyai peranan penting sebagai penentu keberhasilan belajar. Disiplin belajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar yang mengarah pada kemampuan siswa dalam membuat rencana belajar yang baik serta menaati peraturan di lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 (2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 (3) Apakah ada pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 Variabel independen dalam penelitian ini adalah minat belajar dan disiplin belajar. Sedangkan hasil belajar sebagai variabel dependen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22 for Windows. Populasi dari penelitian ini berjumlah 119 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan ditemukan sampel berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu pada mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 10 1352% disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 12 7735% dan sisa nya sebesar 77 0913% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Saran dalam penelitian ini yaitu Bagi guru ekonomi agar mengupayakan untuk membangkitkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi yang sebenarnya ada dalam diri siswa seperti guru bisa memberikan motivasi dengan memberikan rewards atau dengan meningkatkan variasi cara mengajar agar siswa tertarik dan merasa senang terhadap mata pelajaran ekonomi. Bagi sekolah sebaiknya memberikan sosialisasi terhadap para orangtua siswa agar lebih menekankan sikap disiplin belajar dirumah agar hasil belajar mampu dicapai dengan maksimal dengan diterapkannya disiplin di sekolah dan dirumah. Bagi Peneliti selanjutnya jika ingin melakukan penelitian yang identik dengan penelitian ini diharapkan untuk memilih variabel baru untu mengetahui pengaruhnya terhadaphasil belajar siswa dan memberikan gambaran kontribusi yang lebih dari variabel-variabel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39892

Actions (login required)

View Item View Item