Perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran debat dan model pembelajaran mind mapping pada kelas X IPS 1 di SMAN 1 Batu / Hega Naval Rimba Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran debat dan model pembelajaran mind mapping pada kelas X IPS 1 di SMAN 1 Batu / Hega Naval Rimba Saputra

Saputra, Hega Naval Rimba (2018) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran debat dan model pembelajaran mind mapping pada kelas X IPS 1 di SMAN 1 Batu / Hega Naval Rimba Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Naval Hega . 2018. Studi Perbandingan Model Pembelajaran Debat dan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMAN 1 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Belajar Model Pembelajaran Model Pembelajaran Debat Model Pembelajaran Mind Mapping Hasil Belajar Model pembelajaran adalah cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan juga meningkatkan rasa tertarik siswa pada materi pembelajaran dari banyaknya model pembelajaran peneliti memilih model pembelajaran kooperatif yaitu debat dan mind mapping. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif (berupa nilai pre test dan post test) siswa kelas X IPS 4 kelas eksperimen dan X IPS 1 kelas kontrol semester genap di SMAN 1 Batu dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Debat dan Mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dokumentasi pre-test dan post-test. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan strategi Debat. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan strategi Mind mapping. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 30 Januari 2018 dengan melakukan kegiatan proses belajar mengajar di kelas X IPS 1 dan X IPS 4 semester genap SMAN 1 Batu. Jadi dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran debat dan model pembelajaran mind mapping. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji t independent sample test.Berikut ini adalah buktinya nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 81 9 sedangkan pada kelas eksperimen adalah sebesar 88 8. Rata-rata gain score kelas eksperimen (XB) sebesar 19 03 lebih tinggi daripada kelas kontrol (XB) sebesar 14 31 untuk gain score terendah pada kelas eksperimen(XC) sebesar 5 dan pada kelas kontrol(XB) sebesar -10. Gain score tertinggi pada kelas eksperimen(XC) dan kelas kontrol(XB) adalah sama yaitu 35 dan untuk varian data dari kelas eksperimen(XC) sebesar 44 444 dan pada kelas kontrol adalah 101 647. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran debat dan model pembelajaran mind mapping. Selain itu juga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran debat lebih efektif digunakan dalam model pembelajaran pada materi bank sentral daripada model pembelajaran mind mapping sehinggaa bisa digunakan sebagai inovasi didalam proses pembelajaran agar siswa menjadi tidak bosan. 4

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39889

Actions (login required)

View Item View Item