Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu / Heru Hizbulloh

Hizbulloh, Heru (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu / Heru Hizbulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hizbulloh, Heru. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi S., M.Div., M.Si Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu masih tegolong rendah jika dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang memiliki motivasi untuk belajar ekonomi dan bisnis. Rendahnya motivasi belajar siswa tersebut dikarenakan siswa kurang memiliki peran serta dalam proses pembelajaran, pada pembelajaran ekonomi dan bisnis terlalu berpusat kepada guru (Teacher Centered). Proses pembelajaran yang berpusat pada guru tersebut menimbulkan permasalahan belajar yaitu siswa memiliki sifat individualisme yang tinggi sehingga jarang terjadi interaksi antar siswa untuk saling membantu jika ada teman yang kurang memahami materi pelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran ekonomi dan bisnis yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) di SMK Islam Batu, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu pada matapelajaran ekonomi dan bisnis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu pada matapelajaran ekonomi dan bisnis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (ptk). Data pada penelitian ini antara lain; 1) observasi awal, 2) motivasi belajar siswa, 3) hasil belajar siswa. adapun alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pre test dan post test, lembar observasi, dan catatan lapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu serta guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis. Data motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi 3 diperoleh dari rata-rata hasil pengamatan siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ekonomi dan bisnis siswa kelas X Akuntansi 3 ditinjau dari aspek kognitif diperoleh dari hasil post test pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 79,9 meningkat menjadi 93,2 pada siklus II, dengan prosentase ketuntasan kelas sebesar 66,66% pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II. Ditinjau dari aspek afektif diperoleh melalui hasil pengamatan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 88,75% pada siklus II. ii Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kelas Kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu, 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat, 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis kelas X Akuntansi 3 SMK Islam Batu setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat. Ada beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain: 1) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi permintaan dan penawaran dikarenakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi permintaan dan penawaran dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis SMK Islam Batu disarankan untuk sering memberikan siswa tugas untuk didiskusikan secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kerjasama antar siswa, dan 4) Guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis dalam menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana pembelajaran, media pembelajaran, bahan pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39884

Actions (login required)

View Item View Item