Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan tahun ajaran 2017/2018 / Risma Khaula

Khaula, Risma (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan tahun ajaran 2017/2018 / Risma Khaula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khaula, Risma. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup, Pendidikan Keuangan dalam Keluarga, dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa Kelas XI IPS MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci: status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, pergaulan teman sebaya, rasionalitas berkonsumsi Konsumsi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang dalam rangka memenuhi kebutuhan. Kegiatan konsumsi yang dilakukan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang terlihat jelas pada diri seseorang yaitu gaya hidup, yang tercermin dari bagaimana ia menjalankan kehidupan, memanfaatkan waktu yang dimiliki, dan cara ia membelanjakan uang serta persepsinya baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Sementara faktor eksternal di antaranya status sosial ekonomi orang tua, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya. Kesemua faktor yang telah disebutkan sebelumnya dapat menentukan perilaku konsumsinya, apakah akan menunjukkan tindakan yang rasional dalam berkonsumsi atau justru mengarah ke irasional dalam berkonsumsi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (2) pengaruh gaya hidup terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (3) pengaruh pendidikan keuangan dalam keluarga terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, (4) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, dan (5) pengaruh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu eksplanasi serta populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah yang terdiri dari 4 kelas dengan total 132 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random dan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh sejumlah 99 sampel, sedangkan penyebaran untuk masing-masing kelas dilakukan secara proporsional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah, di mana status sosial ekonomi orang tua memberikan sumbangan pengaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi sebesar 3,4%, sementara gaya hidup sebesar 5,1%, untuk pendidikan keuangan dalam keluarga sebesar 16,8%, dan pergaulan teman sebaya sebesar 5%. Dengan demikian. dapat disimpulkan bahwa vi rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IPS MA Al-Ishlah dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, gaya hidup, pendidikan keuangan dalam keluarga, dan pergaulan teman sebaya sebesar 30,3%, sedangkan sebesar 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Oleh karena itu, bagi pihak sekolah sebaiknya menjadikan pendidikan karakter sebagai fokus utama, bagi pihak guru hendaknya tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran, melaikan juga menyisipkan nilai-nilai positif sebagai bekal siswa belajar hidup mandiri, bagi orang tua sepatutnya lebih memberikan teladan yang baik dalam pengelolaan keuangan, serta bagi peneliti lain seyogyanya lebih memperluas variabel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39883

Actions (login required)

View Item View Item