Penerapan model cooperative learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo / Leny Syafiatun Nuriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model cooperative learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo / Leny Syafiatun Nuriyah

Nuriyah, Leny Syafiatun (2018) Penerapan model cooperative learning tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo / Leny Syafiatun Nuriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Syafiatun Leny. 2018. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Intruction (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MA Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ir Yohanes Hadi S. M. Div . Msi. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif Team Assisted Intruction (TAI) hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru ekonomi bahwa model pembelajara yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Ekonomi sudah bervariasi namun belum terlaksana dengan baik. Pembelajaran di kelas guru hanya menyampaikan materi inti tentang materi yang diajarkan kemudian guru memberikan tugas serta berdiskusi dengan teman sebaya atau teman satu bangku. Jika waktunya memungkinkan untuk membahas atau menyampaikan hasil dikusinya siswa dapat menjelaskannya di depan. Disamping itu juga pada saat berdiskusi tidak semua siswa paham dengan materi yang dipelajari sehingga membutuhkan pembelajaran yang bersifat individual. Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan menyenangkan sebagaimana yang terdapat di RPP. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) pada mata pelajaran ekonomi. (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah kelas XI IPS 1 MA Arriyadlah Pandean Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui (1) Wawancara (2) Observasi (3) Tes. Uji coba instrumen dilakukan melalui (1) Uji validitas (2) Reabilitas (3) Daya Pembeda (4) Tingkat kesukaran. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu (a) Reduksi data (b) Penyajian data (c) penearikan kesimpulan. Penelitian di laksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Reflesi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I sebesar 73 18% pada siklus I terdapat sembilan siswa yang belum tuntas. Pada siklus II sebesar 80 22% pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan meningkan dikarenakan siswa yang belum tuntas hanya dua siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 7 04 %. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan RPP. (2) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa saran yang diberikan yaitu (1) bagi sekolah (2) bagi guru ekonomi (3) bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39882

Actions (login required)

View Item View Item