Dampak kecerdasan emosi remaja dan respon iklan di media sosial terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen / Evan Gyovani

Gyovani, Evan (2018) Dampak kecerdasan emosi remaja dan respon iklan di media sosial terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen / Evan Gyovani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gyovani, Evan. 2018. Dampak Kecerdasan Emosi Remaja dan Respon Iklan di Media Sosial terhadap Penerapan Prinsip Ekonomi Kegiatan Konsumsi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, SE., Ak., M.P. Kata Kunci: kecerdasan emosi, respon iklan di media sosial, penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi Manusia melakukan keputusan dalam berkonsumsi sehari-hari dan memerlukan pedoman agar keputusan yang diambil adalah keputusan rasional. Berdasarkan masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kecerdasan emosi remaja terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi (2) pengaruh respon iklan di media sosial terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi dan (3) pengaruh kecerdasan emosi remaja dan respon iklan di media sosial terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosi dan respon iklan di media sosial terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen. Pengumpulan data dengan menggunakan angket kepada 105 sampel siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda program SPSS Versi 22. Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosi berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi sebesar 8,4% (2) respon iklan di media sosial berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi sebesar 8,1% (3) kecerdasan emosi dan respon iklan di media sosial berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi sebesar 16,5%. Berdasarkan hasil uji analisis maka dapat ditarik kesimpulan: (1) kecerdasan emosi berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen, (2) respon iklan di media sosial berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen, (3) kecerdasan emosi dan respon iklan di media sosial berpengaruh terhadap penerapan prinsip ekonomi kegiatan konsumsi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen. Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada: (1) guru matapelajaran ekonomi untuk membimbing siswa dalam memahami prinsip-prinsip dalam berkonsumsi, (2) sekolah mengoptimalkan peningkatan kecerdasan emosi siswa agar siswa mempunyai rasionalitas tinggi dalam mengambil keputusan dan melakukan pengawasan penggunaan telepon genggam, (3) peneliti selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang lebih memengaruhi penerapan prinsip ekonomi konsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39880

Actions (login required)

View Item View Item