Perbedaan model kolaboratif (teams games tournament, cooperative scrip dan think pair share) dengan mind mampping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto) / Niki Laila Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model kolaboratif (teams games tournament, cooperative scrip dan think pair share) dengan mind mampping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto) / Niki Laila Sari

Sari, Niki Laila (2018) Perbedaan model kolaboratif (teams games tournament, cooperative scrip dan think pair share) dengan mind mampping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto) / Niki Laila Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laila Sari Niki. 2018. Perbedaan Model Kolaboratif (Teams Games Tournament Cooperative Scrip Dan Think Pair Share) Dengan Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Team Games Tourament Cooperative Script Think Pair Share Mind Mapping dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kutorejo khususnya mata pelajaran ekonomi terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan materi yang dipelajari masih awam bagi siswa dan tidak dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga karena kegiatan masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah di atas peneliti menggunakan model pembelajaran kolaboratif ( Teams Games Tournament Cooperative Script dan Think Pair Share) yang akan di bandingkan dengan Model Mind Mapping dari ketiga model pembelajaran kolaboratif mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen (quasi eksperimen) yang dilakukan satu kali pertemuan di setiap kelas dengan alokasi waktu yang ditentukan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 1 dengan masing masing jumlah 28 siswa dan 29 siswa. Hasil belajar yang di maksud dalam penelitian ini dapat di lihat dari nilai gain score ( perubahan nilai dari pre test dengan post test). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 1 meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perbedaan gain score dimana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (30 71 23 10). Namun untuk tingkat efektif dari segi waktu lebih efektif menggunakan model mind mapping dari pada menggunakan model pembelajaran kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari segi ketuntasan belajar lebih efektif menggunakan model kolaboratif dibandingkan mind mapping sedangkan dari segi waktu lebih efektif menggunakan model mind mapping dan dapat disarankan bagi guru mata pelajaran ekonomi untuk memperkirakan waktu yang digunakan model pembelajaran kolaboratif bagi peneliti lainya dapat digunakan untuk penelitian yang serupa ataupun untuk penelitian aspek lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39878

Actions (login required)

View Item View Item