Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017 / Winda Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017 / Winda Fauziah

Fauziah, Winda (2018) Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017 / Winda Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziah Winda. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Semester Ganjil 2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Metode Pembelajaran Team Game Tournament Metode Pembelajaran Group Investigation dan Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar siswa pada kelas XI IPS 1 dan XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan terakhir siswa yang masih kurang. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Team Game Tournament dan Metode Pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran team game tournament dan group investigation terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Hasil belajar yang diukur dalam peneitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain nonequivalent control group desaign dengan pretest-posttest. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode team game tournament. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode group investigation. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan dari rata-rata posttest dan gain score siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis terhadap posttest terdapat signifikansi 0 016 0 05. Hasil uji hipotesis terhadap gain score terhadap signifikansi 0 047 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran team game tourna-ment dan group investigation. Nilai posttest dan gain score siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran team game tournament lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran group investigation. Dapat disim-pulkan bahwa metode pembelajaran team game tournament lebih efektif mening-katkan hasil belajar ekonomi daripada metode pembelajaran group investigation. Saran dalam penelitian ini diantaranya 1) guru disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran team game tournament sebagai alternatife dalam menerapkan metode pembelajaran di dalam kelas 2) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terkait metode pembelajaran team game tournament dan group investigation 3) Program Studi Pendidikan Ekonomi disarankan untuk menjadikan hasil penelitian sebagai masukan terkait penggunaan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39871

Actions (login required)

View Item View Item