Pengaruh kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Malang Program Keahlian Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dan Pemasaran / Lupita Eka Mathofanny

Mathofanny, Lupita Eka (2018) Pengaruh kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Malang Program Keahlian Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) dan Pemasaran / Lupita Eka Mathofanny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mathofanny, Lupita Eka. 2017. Pengaruh Kepemilikan Online Shop Dan Hasil Belajar Pendidikan Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Dan XII SMK Negeri 1 Malang Program Keahlian Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) Dan Pemasaran. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., Ak., M.P. Kata Kunci: Kepemilikan Online Shop, Hasil Belajar Pendidikan Prakarya Dan Kewirausahaan , Minat Berwirausaha. Pengangguran dan kemiskinan masih menjadi permasalahan penting di Indonesia, banyak pihak meyakini bahwa cara terbaik untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia adalah dengan menciptakan wirausahawan muda. Di era sekarang ini, globalisasi menghantarkan berbagai perkembangan dan kemajuan yang pesat dalam dunia teknologi dan informasi. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi saat ini adalah kegiatan berwirausaha secara online. Diimbangi dengan pendidikan siswa dalam bidang wirausaha akan membantu siswa dalam menjalankan usahanya. Hasil Belajar yang diperoleh siswa merupakan akumulasi dari hasil pembelajaran teori maupun praktik kewirausahaan. Sehingga penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepemilikan online shop dan hasil pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksplanatori. Sebab dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas kepemilikan online shop (X1) dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan(X2) terhadap variabel terikat, yaitu minat berwirausaha siswa (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah populasi yang ada, yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII SMKN 1 Malang Program keahlian TKJ dan Pemasaran yang memiliki akun online shop. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kepemilikan online shop terhadap minat berwirausaha siswa, dan terdapat pengaruh pula antara hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Variabel penelitian juga memiliki pengaruh secara simultan, yakni terdapat pengaruh kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Sehingga semakin tinggi kepemilikan online shop maka semakin tinggi pula minat siswa dalam berwirausaha dan semakin tinggi hasil belajar siswa maka semakin minat berwirausahanya. Berdasarkan hal tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kepemilikan online shop terhadap minat berwirausaha siswa, (2) terdapat pengaruh positif hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, (3) terdapat pengaruh simultan kepemilikan online shop dan hasil belajar pendidikan prakarya dan kewirausahaan terhadap minat siswa dalam berwirausaha. ABSTRACT Mathofanny, Lupita Eka. 2017. Effect of Online Shop Ownership and Learning Result of Education of Class XI and XII SMK Negeri 1 Malang Expertise Program Computer Networking Technology and Marketing Against Interest in Entrepreneurship. Sarjana is Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak. Keywords: Online Shop Ownership, Learning Result, Interest in Entrepreneurship Unemployment and poverty are still an important issue in Indonesia, many believe that the best way to reduce unemployment in Indonesia is to create young entrepreneurs. In the current era, globalization delivers a wide range of rapid developments and advances in the world of technology and information. One of the activities that can be done by utilizing the progress of technology and information today is the activity of entrepreneurship online. Offset with the education of students in the field of entrepreneurship will help students in running their business. Learning Outcomes obtained by students is an accumulation of the learning outcomes theory and entrepreneurial practices. So the writing of this sarjana of thesis aims to determine the influence of online shop ownership and the results of education workshop and entrepreneurship of entrepreneurship interests of students. Writing this sarjana of thesis using research method with quantitative approach and kind of approach eksplanatori. Because in this study aims to determine the effect of independent variables of online shop ownership (X1) and the results of learning of education and entrepreneurship (X2) on the dependent variable, namely student entrepreneurship interest (Y). Samples in this study are a number of existing populations, all students of class XI and XII SMKN 1 Malang TKJ and Marketing skill program that has an online shop account. Data analysis in this research use inferential analysis, multiple linear regression test, classical assumption test, and hypothesis test. Based on the analysis of research results show that there is a partial influence between the online shop ownership of student entrepreneur interest, and there is influence between the learning outcomes of education workshop and entrepreneurship to student entrepreneurship interests. Research variables also have a simultaneous influence, ie there is the influence of online shop ownership and learning outcomes of education workshop and entrepreneurship of student entrepreneur interest. So the higher ownership of online shop then the higher the interest of students in entrepreneurship and the higher the learning outcomes of students makasemakin interest in entrepreneurship. Based on the above, it can be concluded that: (1) there is a positive influence of online shop ownership on student entrepreneur interest, (2) there is positive influence of learning result of entrepreneurship education and entrepreneurship interest in student entrepreneurship; (3) there is simultaneous influence of online shop ownership and result of learning of education of workshop and entrepreneurship to student interest in entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39868

Actions (login required)

View Item View Item