Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Laboratorium UM pada mata pelajaran ekonomi / Luluk Dwi Cahyani

Cahyani, Luluk Dwi (2018) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Laboratorium UM pada mata pelajaran ekonomi / Luluk Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Luluk Dwi. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Intensitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium UM Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pemangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Intensitas Belajar, Prestasi belajar Kegiatan belajar merupakan merupakan kegiatan yang pokok dalam proses pendidikan. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada proses belajar yang dilakukan siswa sebagai peserta didik . Keberhasilan seorang siswa dalam belajar tidak dapat terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah kecerdasan dan intensitas belajar. Kecerdasan yang mendukung keberhasilan seorang siswa tidak hanya kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional sangat berperan dalam pencapaian tujuan belajar. Faktor lain yang mendukung keberhasilan seorang siswa adalah intensitas belajar yang dilakukan oleh siswa. Semakin sering siswa belajar, maka semakin besar prestasi yang mungkin dicapai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan intensitas belajar secara simultan dan parsialterhadap prestasi belajar Ekonomi di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Terdapat 2 variabel bebas (kecerdasan emosional dan intensitas belajar) dan 1 variabel terikat (prestasi belajar) dalam penelitian ini. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Laboratorium UM dengan jumlah 12 6 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 97 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket dan dokumentasi dengan instrument penelitian berupa angket. Adapun alat analisis yang digunakan adalah stasistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 23.00 for window. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belaj ar, (2) Intensitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) Secara simultan kecerdasan emosional dan intensitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belaj ar. ABSTRACT Cahyani, LulukDwi. 2017. The Influence of Emotional Intelligence and Learning Intensity to Student Achievement of Class XI IPS on Economic Subject at SMA Laboratorium UM Malang City. SarjanaÔÇÖs Thesis, Department of Economic Development of Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Ro'ufahInayatiS.Pd, M.Pd. Keywords: Emotional Intelligence, Intensity of Learning, Learning Achievement Learning activities are an essential activity in the education process. Success or failure of achievement of educational goals much depends on the learning process that students do as learners. The success of a student in learning can not be separated from the factors that influence it. These factors include intelligence and learning intensity. Intelligence that supports a student's success is not only intellectual intelligence, but also emotional intelligence. Emotional intelligence is instrumental in achieving learning goals. Another factor that supports a student's success is the intensity of learning done by the students. The more students learn, the greater the achievement students may achieve. This research uses descriptive quantitative research design. There are two independent variables (emotional intelligence and learning intensity) and 1 dependent variable (learning achievement) in this study. The population used in this study is all students of class XI IPS in SMA Laboratorium UM with the number of 126 students and samples taken as many as 97 students using proportional random sampling technique. Data collection techniques in this study is through questionnaires and documentation with research instruments in the form of questionnaires. The analytical tool used is descriptive stasis and multiple linear regression analysis with the help of SPSS 23.00 for window program. The result of this research conclude that (1) Emotional intelligence have positive and significant influence to learning achievement, (2) learning intensity have positive and significant effect to learning achievement, (3) simultaneously emotional intelligence and learning intensity have positive and significant influence to learning achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39867

Actions (login required)

View Item View Item