Pengaruh pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaram Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Bayu Aditya Septian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaram Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Bayu Aditya Septian

Septian, Bayu Aditya (2018) Pengaruh pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaram Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Bayu Aditya Septian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aditya Bayu S 2017. Pemanfaatan Gadget Smartphone dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci pemanfaatan gadget smartphone motivasi hasil belajar siswa. Pada era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan pesat. Salah satunya dibidang komunikasi dimana saat ini komunikasi yang cepat dan praktis sangat dibutuhkan. Salah satu teknologi dibidang komunikasi yang paling praktis adalah hadirnya gadget smartphone. Dengan adanya gadget smartphone siswa bisa mengakses informasi yang berhubungan dengan materi- materi pembelajaran yang diberikan di sekolah alhasil prestasi belajar pelajar dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan desain statistik deskriptif yang bersifat eksplanasi yaitu menjelaskan pengaruh antar variabel independen terhadap variabel dependen. Dimana variabel independennya pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar siswa. Variabel dependennya hasil belajar siswa dengan sampel 95 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan cara studi angket dan dokumentasi hasil belajar. Data yang di peroleh diuji menggunakan analisa statistik Regresi Linear Berganda. Berdasarkan perhitungan uji statistik Regresi Linear Berganda didapatkan nilai p 0 009 untuk pengaruh pemanfaatan gadget smartphone terhadap hasil belajar dan p 0 014 untuk pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. keduanya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat dsimpulan bahwa pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Maka penulis memberikan saran yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu (1) bagi siswa untuk memanfaatkan smartphone yang dimiliki sebagai sumber belajar dan motivasi belajarnya ditingkatkan lagi. (2) bagi guru harus menjadi fasilitator untuk para siswa dan mendorong siswa untuk memanfaatkan smartphone yang siswa miliki. (3) pihak sekolah harus mensosialisasikan pentingnya perkembangan teknologi khususnya perkembangan smartphone serta (4) bagi peneliti lain yang melakukan penelitian mengenai pemanfaatan gadget smartphone dan motivasi belajar sebaiknya menambahkan variabel lain dalam penelitiannya yang sesuai dengan kondisi sekolah yang akan diteliti. Sehingga pengaruh yang akan diteliti bisa lebih besar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39866

Actions (login required)

View Item View Item