Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Trimurti 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Santi Krisna Murti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Trimurti 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Santi Krisna Murti

Murti, Santi Krisna (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Trimurti 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Santi Krisna Murti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murti Santi Krisna. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA TriMurti 01 Pakisaji. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Keaktifan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti siswa kelas X IPS di SMA TriMurti 01 Pakisaji kurang memperhatikan guru dan ramai saat proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam menyampaikan pendapat dan bertanya masih kurang. Sehingga siswa di kelas kurang aktif dan ada beberapa siswa yang tidur saat guru menjelaskan materi pada proses pembelajaran. Hanya ada berberapa siswa yang masih mendominasi jalannya pembelajaran. Akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dilihat dari hasil ulangan harian. Dari fakta yang ditemukan oleh peneliti dilapangan dari 20 siswa hasil belajar siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 12 siswa dengan presentase 60% dan yang belum memenuhi nilai KKM sebanyak 8 siswa dengan presentase 40%. Untuk mengatasi hal ini peneliti menerapkan model pembelajarankooperatiftipeTGTuntuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Melalui model pembelajaran TGT siswa diajarkan untuk berdiskusi menghargai bermain dan belajar. PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas yang dilakukandalam 2 siklus.Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA TriMurti 01 Pakisaji denganjumlahsiswa sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 13 siswalaki-laki dan 7 siswaperempuan. Teknik pengambilan data padapenelitianini meliputi observasi soalpre-tesdan post-tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran TGTmampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Tri Murti 01 Pakisaji. Berikut data hasil penelitian yang dilakukan 1) Keterlaksanaan model pembelajaran pembelajaran TGTditerapkan dengan predikat baik sekali terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 93 74%menjadi 98 37%. 2) Terjadi kenaikan pada keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 57 91%menjadi 74 95% 3) Rata-rata hasil belajar siswa padapost-tes meningkat dari 70 59%ke82 9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran TGT mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMATri Murti 01 Pakisaji. Adapun saran yang diberikan yaitu 1) Guru ekonomi SMA Tri Murti 01 Pakisaji model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini sebagai referensi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran khususnya untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. 2) Bagi peneliti lain dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini sebaiknya lebih memperhatikan siswa selama diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39864

Actions (login required)

View Item View Item