Perilaku belanja online di kalangan mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Nanda Vidiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku belanja online di kalangan mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Nanda Vidiya

Vidiya, Nanda (2018) Perilaku belanja online di kalangan mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Nanda Vidiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vidia Nanda. 2017. Perilaku Belanja Online di Kalangan Mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Dan Studi Pembangunan Angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci Perilaku belanja mahasiswa online shop faktor membeli online Perilaku konsumen merupakan suatu hal yang dinamis. Perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan telekomunikasi turut serta membawa pengaruh dalam perilaku konsumen terlebih konsumen dari kalangan mahasiswa yang sangat akrab dengan perkembangan tekhnologi tersebut. Majunya teknologi informasi dan komunikasi membuat para produsen menjadikannya sebagai lahan untuk memperjual-belikan barangnya di internet saat ini kita mengenalnya dengan sebutan online shop. Keberadaan online shop memberikan kemudahan bagi para konsumen namun tidak cukup aman karena penjual memiliki banyak celah untu berbuat kecurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku belanja online di kalangan mahasiswa program studi s1 ekonomi pembangunan angkatan 2015 UM dan faktor-faktor apa saja yang mendorong mereka untuk melakukan pembelian melalui online shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana data yang disampaikan serta pemaknaan mengenai apa yang terjadi dipaparkan dengan menggunakan kalimat verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah saat berbelanja melalui online shop mahasiswa program studi ekonomi dan studi pembangunan angkatan 2015 dominan membeli produk dari kategori fashion dan kosmetik yang jarang ditemui di toko-toko sekitarnya dalam membelanjakan uangnya mereka masih bersifat rasional dan tidak menjadi konsumtif dan sesudah bertransaksi melalui online shop mereka tidak selalu mendapatkan kepuasan karena barang yang diteriman seringkali tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Faktor-faktor yang mendorong mereka untuk membeli produk melalui online shop adalah kepercayaan banyaknya variasi produk pengalaman belanja harga yang ditawarkan kenyamanan dan kemudahan efisiensi waktu dan tenaga serta adanya pengaruh dari kelompok rujukan yaitu kelompok pertemanan. Saran bagi penjual di online shop agar dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan dan keamanan sehingga konsumen merasa nyaman dan pembelian akan meningkat. Selain itu disarankan agar lebih bijak dalam menentukan harga. Bagi konsumen online shop disarankan untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih produk ataupun online shop tempat berbelanja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39863

Actions (login required)

View Item View Item