Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Ramadhani Imansari

Imansari, Ramadhani (2018) Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang / Ramadhani Imansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imansari, Ramadhani. 2017.Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Peljaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Lisa Rokhmani, M.Si Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi semua individu dan hampir semua individu pernah merasakan pendidikan. Pendidikan juga merupakan suatu system yang teridiri dari input, proses dan output. Input merupakan pesrta didik yang melaksanakan aktivitas belajar, proses merupakan kegiatan dari belajar mengajar sedangkan output merupakan hasil dari proses yang dilaksanakan. Siswa yang mempunyai motivasi yang kuat akan diikuti dengan adanya sikap disiplin diri dimana sikap disiplin ini merupakan sesuatu yang berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhadap bentuk-bentuk aturan. Atau pada garis besarnya motivasi ini menentukan tingkat keberhasilan atau gagalnya kegiatan belajar siswa, pembelajaran yang bermotivasi pada hakikatnya adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, dorongan, motif, minat yang ada pada diri siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang, (2) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Eksplanasi digunakan dalam penelitian karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dengan cara menyebarkan angket kepada siswa yang telah menjadi sampel dalam penelitian. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap uji validitas kemudian dilanjutkan uji reliabilitas. Pada uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk mengukur dan pengumpulan data karena instrument tersebut sudah baik. Dilajutkan dengan analisis data yang berupa uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Malang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar. Dengan dilihat dari uji sumbangan efektif ( diketahui bahwa motivasi belajar lebih dominan mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kedisiplinan belajar, namun bukan berarti kedisiplinan belajar tidak mempengaruhi hasil belajar siswa. jika di lihat dari hasil penelitian parsial, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh juga terhadap hasil belajar. Di lihat secara simultan motivasi belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruhii terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan belajar mampu memaksimalkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39859

Actions (login required)

View Item View Item