Lestari, Octaviana Kusuma (2018) Perbandingan peningkatan critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran cooperative script dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang / Octaviana Kusuma Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari Octaviana Kusuma. 2017. Perbandingan Peningkatan Critical Thinking Skills Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. Kata Kunci critical thinking skills problem based learning cooperative script. Critical thinking skills merupakan salah satu keterampilan yang dapat menjadikan siswa untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dengan pertimbangan dan indikator kritis tertentu. Keterampilan ini penting untuk dimiliki dan ditingkatkan bagi siswa utamanya dalam hal ekonomi. Dalam usaha meningkatkan critical thinking skills siswa salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat meningkatkan critical thinking skills siswa diantaranya adalah Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang (2) untuk mengetahui critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang (3) untuk mengetahui perbandingan peningkatan critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan rancangan penelitian pretest-post test non-equivalent multiple group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang yaitu kelas XI IIS 1 dan XI IIS 2. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan critical thinking skills siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Malang dimana ciritical thinking skills siswa lebih meningkat dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan peningkatan sebesar 25 68% sehingga critical thinking skills yang semula sebesar 59 55% (rendah) menjadi 85 23% (sangat tinggi) sedangkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka crirtical thinking skills siswa meningkat sebesar 19 68% yaitu critical thinking skills yang semula sebesar 59 84% (rendah) menjadi 79 53% (tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat lebih meningkatkan critical thinking skills siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI. Sehingga bagi guru dapat menjadikan model pembelajaran Cooperative Script dan Problem Based Learning (PBL) sebagai variasi model pembelajaran dalam upaya peningkatan critical thinking skills siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39854 |
Actions (login required)
View Item |