Pengaruh kebiasaan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Batu tahun ajaran 2016/2017 / Hanung Aprillia

Aprillia, Hanung (2018) Pengaruh kebiasaan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Batu tahun ajaran 2016/2017 / Hanung Aprillia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprillia, Hanung. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div, M.E. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Teman Sebaya, Hasil Belajar Keberhasilan proses belajar siswa di sekolah dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik di antaranya adalah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar yang dilakukan secara teratur atau berkesinambungan akan sangat berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar. Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya adalah teman sebaya. Hubungan antar teman sebaya di dalam kelas sangatlah penting dan menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu; (2) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu; (3) pengaruh kebiasaan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Batu yang berjumlah 122 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Propotional Random Sampling dan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang didapat sebesar 94 siswa Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif eksplanasi. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier berganda dan sumbangan efektif yang dihitung menggunakan SPSS 19.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Batu dengan perolehan signifikasi 0,010,05. Terdapat pengaruh antara teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Batu dengan perolehan signifikasi 0,000,05, serta terdapat pengaruh yang simultan antara kebiasaan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar dengan signifikasi 0,000,05. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi(2) Ada pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi (3) Ada Pengaruh bersamaan kebiasaan belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bagi peneliti yang melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini dan diharapkan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39853

Actions (login required)

View Item View Item