Analisis perilaku konsumtif melalui belanja daring pada mahasiswi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM angkatan 2014 / Kunik Mushonah

Mushonah, Kunik (2018) Analisis perilaku konsumtif melalui belanja daring pada mahasiswi Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE UM angkatan 2014 / Kunik Mushonah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mushonah Kunik. 2017. Analisis Perilaku Konsumtif Melalui Belanja Daring pada Mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M. Si Kata Kunci Perilaku Konsumen Perilaku Konsumtif Belanja Daring Perilaku konsumen terutuma mahasiswi dalam mengonsumsi suatu barang bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan saja. Tetapi lebih didasarkan pada kepuasaan dari kegiatan konsumsi serta keinginan untuk memiliki barang tertentu. Karena itu saat melakukan konsumsi banyak mahasiswi yang tidak bertindak rasional. Handphhone yang dimiliki bukan lagi untuk menjalin komunikasi saja tetapi juga untuk foto-foto ataupun untuk kegiatan di media sosial seperti Instagram sehingga ketika ada handphhone keluaran terbaru dengan spesifikasi yang lebih baik akan menarik minat mahasiswi untuk mengganti handphhone lama yang dimiliki. Selain itu juga kebiasan mahasiswi yang senang pergi ke cafecafe bukan hanya untuk makan tetapi hanya sekedar untuk melakukan foto-foto juga dengan membeli makanan yang lagi hits agar tidak kalah dari teman yang lainnya bukannya untuk memenuhi kebutuhan. Mahasiswi juga senang belanja ditempat tertentu agar dapat menjaga gengsi ataupun status sosial juga mudah terpengaruh dengan adanya diskon sehingga akan membeli barang jika ada potongan harga bukan membeli barang karena kebutuhan. Apalagi sekarang ini banyak mahasiswi yang melakukan belanja daring. Belanja daring yang dilakukan bukan sekedar untuk membeli produk barang tetapi juga untuk jasa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perilaku konsumtif Mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pemangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. 2) Mengetahui permasalahan dalam belanja daring yang dihadapi Mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pemangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswi Program Studi Pendidikan ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu hasil wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian. Pertama mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pemangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014 telah berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif tersebut karena mengikuti trend masa kini sehingga membeli barang-barang yang dapat menunjang penampilannya. Kedua permasalahan ketika belanja daring dapat dibedakanii menjadi lima yaitu a) produk yang dibeli tidak sesuai b) produk yang dibeli belum tentu bagus c) proses pengiriman barang yang agak lama d) lamanya respon penjual e) masalah refund.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39852

Actions (login required)

View Item View Item