Penggunaan media permainan komputer interaktif finansial dalam pelaksanaan pembelajaran konsep uang pada anak tunsgrshits sedang kelas X SMALBS yayasan putra pancasila kedung kandang tahun ajaran 2016/2017

Ilma, Hikmatul (2018) Penggunaan media permainan komputer interaktif finansial dalam pelaksanaan pembelajaran konsep uang pada anak tunsgrshits sedang kelas X SMALBS yayasan putra pancasila kedung kandang tahun ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilma,Hikmatul 2017.Penggunaan Media Permainan Komputer Interaktif Finansial dalam Pelaksanaan Pembelajaran Konsep Uang Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas X SMALBS Yayasan Putra Pancasila Kedung Kandang Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr..Agung Haryono SE.MP.Ak Kata Kunci : Penggunaan Media Komputer Interaktif Finansial anak tunagrahita sedang dalam pembelajaran , Pemahaman Konsep Uang Tunagrahita Peserta didik tuna grahita berhak mendapatkan pendidikan ekonomi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan dari anak tuna grahita agar mereka mampu hidup mandiri dan menyesuaikan diri dengan masyarakat. Lambatnya perkembangan intelektual dan sulitnya memahami pelajaran akademik serta kurangnya ketelatenan guru dan kehawatiran orang tua menjadi penyebab kurangya pemahaman siswa tuna grahita sedang terhadap konsep uang meski sebelumnya pernah di ajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan,kendala sertasolusi pembelajaran konsep uang dengan menggunakan media komputer interaktif finansialdimana media ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang menjadi penyebab kurangnya pemahaman siswa tuna grahita sedang kelas X SMALBS yayasan putra pancasila terhadap konsep uang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk memberikan informasi mengenai status gejala yang ada yaitu keadaan gejala yang apa adanya dalam penelitian.Subyek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang anak yang mengikuti pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa tunagrahita sedangkelas x SMALBS Yayasan Putra Pancasila teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara , analisis data yang dilakukan adalah reduksi data,penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa media komputer interaktif finansial ini sesuai dengan karakteristik dari siswa tunagrahita sedang kelas x SMALBS Yayasan Putra Pancasila dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep uang pada siswa. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Orang Tua dan guru hendaknya ikut mendukung dan mengembangkan pembelajaran konsep uang pada anak tunagrahita karena meskipun mereka lambat dalam menerima pembelajaran tetapi mereka masih memiliki potensi untuk belajar dengan cara dilatih secara terus menerus. (2) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian tentang pembelajaran konsep uang pada anak tunagrahita sedang segingga dapat diketahui hal-hal lain yang dapat menghambat dan mendukung pemahaman konsep uang pada anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39848

Actions (login required)

View Item View Item