Penerapan model pembelajaran course review horey dan snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-2 MA Miftahul Falah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Istiqomah

Istiqomah (2018) Penerapan model pembelajaran course review horey dan snowball throwing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-2 MA Miftahul Falah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah.2017.Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.2 MA MIFTAHUL FALAH Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Skripsi.Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si. Kata kunci : Course Review Horay, Snowball Throwing, Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MA MIFTAHUL FALAH pada kelas X.2, permasalahan yang ditemukan peneliti pada kelas tersebut adalah kurangnya inovasi dalam pembelajaran di kelas sehingga siswa cepat merasa bosan dan dalam pelaksanaanya siswa cenderung aktif dengan kegiatannya sendiri seperti bermain handphone, berbicara dengan temannya. Guru sudah membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kecil, akan tetapi hasilnya siswa belum sepenuhnya aktif dan hanya memperhatikan di awal pembelajaran saja. Ketidak aktifan siswa dalam belajar disebabkan akibat pemahaman yang kurang terhadap materi pembelajaran. Pemahaman yang kurang cenderung untuk tidak mengemukakan pendapatnya baik dalam hal bertanya atau menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran, dan mengakibatkan hasil belajar siswa dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan Snowball Throwing untuk meningkatkan keaktifan siswa dan memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X.2 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas agar hasil belajar dan keaktifan siswa meningkat dan dilakukan dalam dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif. Pendekatan tersebut digunakan karena proses pengambilan data dilakukan secara langsung atau alami dimana hasil penelitian tersebut di diskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Peneliti akan mengamati, melaksanakan mengevaluasi dan merefleksi proses belajar mengajar yang dilakukan . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yang berupa siklus meliputi : perencanaan, pelaksana tindakan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 ma miftahul falah sebanyak 24 orang yang terdiri dari 14 siswa lakilaki, dan 10 siswa perempuan. teknik pengambilan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, post tes dan catatan lapangan.Berdasarkan hasil analisis keaktifan peserta didik pada siklus i mendapat predikat cukup (C) dengan persentase sebesar 60 %, hal tersebut dikarenakan pada pertemuan siswa masih belum sepenuhnya mengenal tentang model pembelajaran yang diterapkan sehingga nilainya masih kurang. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dan mendapat predikat Aktif (B) dengan persentase sebesar 76%. Untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan. peningkatan hasil peserta didik terlihat dari ketuntasan nilai rata-rata post tes peesrta didik pada siklus i dengan persentase sebesar 44,04 % dan meningkat pada siklus ii dengan persentase 74,27%. demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay dan snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X.2 ma miftahul falah. saran untuk guru mata pelajaran ekonomi bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. untuk peneliti lain sebaiknya mengembangkan model pembelajaran ini dengan menambah aspek lain seperti aspek kognitif, variasi bentuk tes yang digunakan untuk menilai hasil belajar kognitif serta materi ekonomi lain yang sesuai dengan model pembelajaran course review horay dan snowball throwing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39847

Actions (login required)

View Item View Item