Persepsi siswa tentang motivasi belajar, perhatian orang tua, dan tema sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo tahun ajaran 2016/2017 / Cornelia Sukma Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang motivasi belajar, perhatian orang tua, dan tema sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo tahun ajaran 2016/2017 / Cornelia Sukma Safitri

Safitri, Cornelia Sukma (2017) Persepsi siswa tentang motivasi belajar, perhatian orang tua, dan tema sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo tahun ajaran 2016/2017 / Cornelia Sukma Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Safitri Cornelia Sukma. 2017. Persepsi Siswa Tentang Motivasi Belajar Perhatian Orang Tua dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. A.k. Kata Kunci Motivasi Belajar Perhatian Orang Tua Teman Sebaya Hasil Belajar. Pendidikan merupakan cermin dari kemajuan sebuah bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki ilmu pengetahuan dan nilai-nilai tinggi. Menurut laporan UNESCO tahun 2012 menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 120 negara sehingga mutu pendidikannya masih jauh dibanding negara lain. Mutu pendidikan dapat dilihat dari proses belajar mengajar yang terjadi serta hasil belajar yang dicapai. Hasil belajar adalah hasil dari kegiatan belajar yang dilaksanakan siswa. Hasil belajar siswa dalam belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memepengaruhi hasil belajar siswa salah satunya adalah motivasi belajar sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah faktor perhatian orang tua dan teman sebaya. Mata pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk dikuasai oleh seluruh siswa jurusan IPS dikarenakan mata pelajaran ekonomi merupakan mata pelajaran yang masuk dalam syarat kenaikan kelas sehingga hasil belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi harus berada di atas KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Nilai KKM mata pelajaran ekonomi di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo adalah 75 tetapi pada ulangan tengah semester ganjil sejumlah siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM. Diketahui dari 3 kelas dengan jumlah 100 orang siswa terdapat 41 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo. Penulis terfokus untuk meneliti persepsi siswa tentang motivasi belajar perhatian orang dan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) adakah pengaruh persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017 (2) adakah pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017 (3) adakah pengaruh persepsi siswa tentang teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomiii siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017 (4) adakah pengaruh persepsi siswa tentang motivasi belajar perhatian orang tua dan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksplanasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Katolik Mater Dei Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 100 siswa dengan sampel sebanyak 80 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic Version 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa persepsi siswa tentang perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa persepsi siswa tentang teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan persepsi siswa tentang motivasi belajar perhatian orang tua dan teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39846

Actions (login required)

View Item View Item